Memiliki smartphone memang menyenangkan. Namun, hal itu akan berubah bila ternyata smartphone anda mendapat serangan dari tangan-tangan jahil. Entah disengaja atau tidak, hacker ada dimana-mana. Mulai dari yang iseng hingga yang expert sekalipun.

Agar terhindar dari tindak kejahatan yang seperti demikian, berikut ini trik mencegah serangan hacker pada smartphone. Trik ini, sebelumnya sudah ter-publish di laman techradar. Agar mudah memahaminya, berikut pemaparannya:

Lock Screen Security

6 Panduan Legal Agar Smartphone Tidak Mudah Ter-hack

Keamanan dimulain sejak awal. Ketika anda menggunakan smartphone pastikan anda engenal betul cara setting lock screen. Hal ini merupakan fitur pencegahan yang paling efektif. Namun, agar semuanya berjalan maksimal, anda harus melakukan sedikit perubahan.

Selalu sematkan lock screen dengan kombinasi yang rumit. Jangan sederhana. Semakin rumit, maka semakin aman smartphone anda. Tangan jahil ada dimana-mana. Tidak peduli lokasi dan siapa anda. Ketika ada kesempatan, semua kejahatan hacking bisa menimpa anda.

Lock Apps

6 Panduan Legal Agar Smartphone Tidak Mudah Ter-hack

Mengunci aplikasi tertentu merupakan pilihan yang tepat. Hal ini akan mencegah beberapa tindak usil membaca pesan atau bahkan data privasi anda. Cara lebih bisa dimaklumi dibanding anda menggunakan cara pertama. Mengunci sebagian aplikasi menunjukkan kepada “mereka” bahwa privasi anda tidak bisa diganggu gugat.

Siapa saja bisa membuka dan menikmati fitur smartphone anda. Namun, tidak semua aplikasi di dalamnya bisa diakses. Meski sedikit merepotkan, mengunci sebagian Apps penting sangat pas dan cocok bagi anda yang tak mau terlihat “kaku” dan sok penting.

Log Out Apps – Services

6 Panduan Legal Agar Smartphone Tidak Mudah Ter-hack

Jangan terlalu ramah dan baik. Meski berstatus milik anda, apabila dipegang oleh pihak yang salah, maka akun anda bisa disalah gunakan. Salah satu yang sering terjadi yaitu akun media sosial. Banyak tangan jahil yang sembarangan menggunakannya.

Update status “negatif” atau bahkan mengirimkan pesan “tak sopan” kepada kawan online. Terlihat sepele, namun jangan terlena. Banyak kasus yang semula dianggap sepele malah berubah menjadi sesuatu yang serius dan berat. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. So, mulai saat ini, log out setiap aplikasi anda setelah menggunakannya.

Comments

Comments are closed.