6 Tips Smartphone Anti Hacker Untuk Pengguna Android

0
701

Saat ini pengguna smartphone semakin meningkat setiap tahunya. Masyarakat Indonesia sendiri adalah salah satu yang memiliki kesukaan terhadap hadirnya smartphone-smartphone baru. Semakin kesini, Smartphone yang dilaunching begitu canggih dan memiliki beberapa fitur baru.

Seiring dengan kecanggihanya, pihak Vendor tentunya juga meningkatkan sisi keamanan dari Smartphone tersebut, agar data-data pengguna smartphone ini tidak bisa diretas oleh orang yang kurang bertanggung jawab, seperti ulah para Hacker.

Para Hacker memang selalu menjadi Ancaman bagi para pengguna smartphone saat ini. walaupun sudah diberikan tingkat keamanan yang tinggi, smartphone masih saja bisa diretas dengan cara-cara Hacker yang licik. Kamu harus menyadari dan selalu waspada akan ulah hacker ini.

Bagaimana Smartphone Kamu Bisa Terkena Hack?

Kamu harus tahu kalau smartphone canggih milikmu itu bisa dihack kapan saja dan dimana saja, bahkan saat kamu berada di area ramai seperti Mall atau restaurant. Untuk situasi seperti ini, Hack dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, melalui jaringan Wifi yang terkoneksi dengan smartphone kamu.

Smartphone milikmu terkadang dapat mendeteksi Jaringan Wifi dimana saja kamu berada, jika kamu secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan Wifi pada smartphone. Khususnya bagi Android, hal ini akan sangat rentan dikenali oleh Hacker. Berbeda dengan pengguna iPhone yang menggunakan fitur Touch ID yang cukup sulit untuk diretas.

Jika memang ingin menggunakan fasilitas Wifi di area sekitar Mall atau restaurant yang kamu kunjungi, sebaiknya kamu juga meneliti jaringan Wifi apa saja yang terdekteksi oleh smartphone milikmu. Jika kamu mendapat Notifikasi Pop Up yang memberikan beberapa pilihan seperti Accept atau Cancel, sebaiknya kamu pilih cancel saja, karena indikasinya adalah Pop Up Hack.

Hacker juga bisa menghack smartphone Android milikmu karena kamu menggunakan Aplikasi Chatting, atau tidak sengaja mengklik Link dari SMS yang tidak dikenal, sehingga data-data pribadi smartphone milikmu akan dicuri dengan mudah. Selain itu, Hacker juga bisa melakukan Aksinya melalui Aplikasi baterai. Aplikasi ini biasanya akan menjadi manajemen daya smartphone kita, dan memiliki data smartphone kita dengan lengkap.

Berikut ini beberapa ciri yang bisa mengindikasikan, kalau smartphone kamu terkena Hacked:

  1. Smartphone Terasa Panas Sepanjang Waktu
  2. Baterainya Bermasalah
  3. Kinerjanya Slowrespon
  4. Terdapat Unknown Eror Pop Out
  5. Ada Aplikasi baru yang terinstal secara tidak sengaja
  6. Password Online kamu berubah
  7. Kamu Mendapat Email Palsu dari Alamat Email yang tidak dikenal

 

Bagaimana Cara Menghindarkan Smartphone dari Hacker

walaupun ancaman Hacker ini selalu mengintai smartphone kita kapan saja, terutama ketika smartphone kita terhubung dengan Wifi ditempat umum, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari Smartphone milikmu dari ulah Hacker yang kurang bertanggung jawab.

Berikut ini ada beberapa Tips yang bisa menghindarkan kamu dari terkena Hack :

 

  1. Hindari menggunakan Wifi Umum

Saat pergi ke tempat Umum seperti Kafe, Mall atau Restauran yang mungkin memiliki fasilitas Wifi, sebaiknya kamu menghindari pemakaian Wifi di tempat ini dengan cara menonaktifkan pengaturan Wifi dari smartphone kamu. Ancaman yang bisa muncul dari penggunaan Wifi umum tersebut cukup berbahaya, seperti pencurian data pribadi dan rekening. Usahakan tidak membuka Email kamu saat menggunakan Wifi di tempat umum.

  1. Jaga Smartphone Kamu dengan Melakukan Backup Data Secara Rutin

Android memiliki kemampuan untuk melakukan Backup data yang memiliki manfaat besar, salah satunya untuk melindungi kita dari Hacker. Kamu bisa melakukan Backup data dengan menggunakan Aplikasi Android yang gratis dari Play Store.

  1. Jangan menyimpan File Berharga Di Smartphone

Dengan adanya smartphone, biasanya kamu akan menganggap bahwa smartphone tempat yang cukup aman untuk menyimpan data penting atau file foto pribadi yang sangat rahasia buat kamu. Namun, sebaiknya hindari untuk menyimpanya di smartphone karena rentan hilang. Kamu bisa mengunci file penting tersebut dengan aplikasi khusus bernama Folder Lock.

  1. Menggunakan Anti Virus

Ternyata bukan hanya komputer atau laptop saja yang harus dilindungi dengan Anti Virus. Smartphone yang kita gunakan sehari-hari juga rentan terkena virus karena memiliki kinerja yang sama dengan gadget lainya. Namun, untuk menambahkan Anti Virus ini, sebaiknya pastikan jika smartphone milikmu memiliki RAM yang cukup besar. Namun, jika RAM smartphone milikmu standar, coba untuk menggunakan Aplikasi Anti Thieft, yang dapat memberi tahu lokasi smartphone yang hilang karena dicuri.

  1. Menghapus History Internet

Kamu sering Browsing di Internet lewat smartphone milikmu, tentunya ada banyak situs yang sudah kamu buka di dalamnya. Situs tersebut akan meninggalkan jejak, berupa History Pencarian. Kamu bisa menghapus History tersebut dari browser yang kamu gunakan. Lakukan hal ini secara rutin ya.

  1. Matikan Bluetooth

Ternyata Bluetooth yang terkoneksi secara terus menerus juga berpotensi ditembus oleh para Hacker. Hacker bisa menyisipkan berbagai “benda” jahat seperti “Trojan” yang mampu merekam segala aktifitas kamu. Sebaiknya kamu tidak mengaktifkan Bluetooth jika memang tidak digunakan.

Beberapa tips diatas tentunya cukup mudah untuk dilakukan, agar smartphone kesayangan milikmu tidak mudah terkena Hacker. Saat pergi ke tempat umum sekalipun, smartphone kamu akan tetap aman, selama kamu tidak sembarangan mengaktifkan jaringan Wifi dan juga mengamankan data pribadi milikmu dengan beberapa Tips Smartphone Anti Hacker di atas.

 

 

Comments

Comments are closed.