Hai Blogger! Kamu baru pindah ke self hosting? masih bingung? Kalau gitu pas banget, di artikel ini akan  di bahas 7 Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula. Kamu yang baru pertama kali menggunakan wordpress pasti kebingungan apa yang mau isi di dalam blog kamu. Plugin-plugin apa saja yang sebenarnya bermanfaat banget buat blogmu.

Apabila kamu cek di laman https://wordpress.org/plugins ada ribuan plugin wordpress. Dan, setiap hari ada plugin baru yang muncul. semua menawarkan fitur yang amazing. Banyak sekali yang pasti membuatmu tergoda. Akhirnya, kamu pun menginstalnya ke dalam blogmu. Namun, di tengah jalan kamu baru sadar kalau fitur plugin itu ternyata tidak berguna bagimu. Lalu, apa yang kamu lakukan? unsinstal bukan? Sayangnya, tindakan itu terus berulang. Kamu tetap saja mudah menginstal plugin tanpa melihat fitur itu penting tidak bagi blogmu.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan memilih plugin seperti apa yang cocok, maka simak beberapa plugin yang perlu kamu download di blog pertamamu:

1. SEO Yoast WordPress

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

SEO Blog merupakan salah satu hal yang selalu diperhatikan oleh setiap blogger. Begitu pula kamu. Gunakan saja plugin ini. Kamu bisa menentukan target keyword apa yang kamu inginkan, mengubah tag tittle, meta description, dan masih banyak yang lainnya. Yang saya suka dari plugin ini yaitu kemudahan dan kesederhanaannya. Meski sederhana, fungsi plugin ini bisa dibilang paling TOP dibanding plugin SEO lainnya.

2. BackupBuddy

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

Kamu tidak pernah tahu kapan dan siapa yang menyerang blogmu. Yang bisa kamu lakukan adalah waspada dan bersiap-siap. Kenapa demikian? Karena di dunia digital kamu akan merasa seperti di hutan belantara. Persaingan ketat terjadi. Bila ingin bertahan, kamu harus bertahan atau melawan. Ingin tetap eksis? Maka persiapkan blogmu dari berbagai serangan. Plugin ini memberikan kemudahan bagimu untuk membackup semua file dalam blog. Kamu pun bisa mengatur secara otomatis kapan blogmu di-backup.

3. W3 Total Chache

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

Ingin blogmu lebih cepat? Nah, ini dia plugin yang kamu butuhkan. Kamu yang kesal dengan loading blog yang lama tidak perlu gundah gulana lagi. Plugin ini menyediakan fitur yang cukup lengkap. Apabila baru pertama mengenalnya, bisa dipastikan kamu bakalan bingung. Eiitss, jangan khawatir sudah banyak kok blog indonesia atau bahkan blog luar yang membahasnya.

4. Soliloquy

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

Nah, agar blogmu lebih fresh di mata pembaca, ada baiknya kamu memasang slider di bagian header blog. Gak perlu belajar coding atau bahasa pemrograman lainnya. Cukup gunakan plugin ini, semua akan beres dan tak perlu repot. Cara settingnya pun cukup mudah dan sederhana kok. Pasti kamu bisa melakukannya dengan mudah.

5. Social Floating Bar

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

Yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Bila blog kamu berisi artikel yang disukai pembaca, maka dia tidak akan segan membagikannya di media sosial. So, agar para pembaca mudah membagikan artikelmu yang “wow”, pasang saja plugin ini di blog. Cara setting plugin ini pun sangat mudah. Tidak butuh waktu lama. Kamu yang baru saja mengenalnya pasti terbiasa.

6. AdSanity

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

AdSanity merupakan plugin yang digunakan untuk memasukkan iklan di dalam pos, sidebar, atau halaman di dalam blog. Keunggulan dari plugin ini yaitu kamu bisa mengatur waktu kapan iklan di dalam blog akan tampil. Ya, sudah ada banyak plugin seperti ini. Namun, hanya AdSanity yang memiliki fitur pengaturan waktu untuk menampilkan iklan. Bagi kamu yang ngebet banget ingin mengumpulkan dolar, plugin ini bisa kamu gunakan kok. Karena plugin ini support code adsense.

7. Login Lockdown

Plugin WordPress Yang Wajib Digunakan Blogger Pemula

Gunakan plugin ini. Agar blogmu aman bila ada orang yang ingin masuk ke dashboard blog. Tentunya, kamu sering menemukan laporan bahwa ada beberapa orang mencoba masuk ke blog kamu. Nah, dengan plugin ini, maka dia butuh waktu lebih lama untuk membobol dashboard blogmu. Karena, plugin ini akan otomatis mengunci form login dalam rentang waktu tertentu. Biasanya, plugin ini akan bekerja bila terjadi 3 kai kesalahan password.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.