Performa komputer sangat dipengaruhi oleh RAM. Kinerja RAM sangat penting. Salah staunya pada saat anda melakukan pergerakan atau perpindahan antara satu task ke task berikutnya. RAM berperan memberikan pengalaman mengesankan terkait kecepatan ini. RAM pun nyatanya memiliki pengaruh pula pada performa PC saat berselancar di internet.

Laman techradar sudah memaparkan secara gambalng sebelumnya. Namun, kali ini kami sajikan dalam bahasa Indonesia. So, bagi anda yang saat ini masih setia dengan RAM DDR3, anda wajib menyimak penjelasan mengenai kelebihan dan sekaligus kekurangan upgrade RAM ke DDR4, yaitu:

Chipset dan Processor socket

Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade RAM DDR4 Pada PC Sekarang

Dulu, sangat trend dengan format RAM berjenis DDR3. Seiring berjalannya waktu, muncul yang baru, yaitu DDR4. Dari sudut pandang spesifikasi, RAM dengan DDR3 memiliki kekuatan 1,333MHz dan 2,400MHz. Lebih dari itu, DDR4 memberikan pengalaman yang lebih maksimal. Yaitu, dengan spesifikasi 2,400MHz hingga 3,200MHz.

Perbedaan yang kentara diantara keduanya, DDR3 dan DDR4 memiliki perbedaan pula dari segi motherboards dan chipsets. Sayangnya, hingga saat ini menggunakan RAM DDR4 cukup merepotkan. Hal ini dikarenakan masih baru, banyak motherboard dan socket out yang belum compatible. Hasilnya, anda mau tak mau harus tetap menggunakan DDR3.

Sebaliknya, DDR3 merupakan jenis RAM yang banyak disupport oleh motherboard dan socket out yang ada. Apabila anda memaksakan diri menggunakan RAM DDR4, maka anda wajib menggunakan Intel’s X99 chipset dan LGA 2011 processor socket.

Kecepatan Akses

Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade RAM DDR4 Pada PC Sekarang

Ya, pengguna PC pastilah merindukan yang namanya akses cepat. Entah ketika mengakses internet atau ketika memberikan task pada komputer. Semuanya harus cepat. Semakin cepat akses, maka semakin cepat pekerjaan selesai. Itulah mengapa banyak pengguna PC yang berbondong-bondong menginginkan kecepatan ini.

Lalu, perbedaan yang kentara antara DDR3 dan DDR4 yaitu dari segi kecepatan. Menggunakan DDR3, anda bisa merasakan kecepatan task komputer mulai dari 1,600MHz atau 1,866MHz hingga 2,133MHz. Sebaliknya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bermodal DDR4, anda akan mendapat kecepatan task hingga 2,400MHz hingga 3,200MHz.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika anda melakukan upgrade RAM ke DDR4, yaitu dari sisi coomptible perangkat berpengaruh. Pilih LGA2011 socket dan X99 chipset apabila anda ingin mencoba DDR4. Sebaliknya, pilih socket dan chipset yang paling berperforma tinggi untuk RAM DDR3 anda. Pemilihan socket dan chipset memiliki pengaruh besar pada performa RAM ketika digunakan.

Multithread Bandwidth

Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade RAM DDR4 Pada PC Sekarang

Ram berpengaruh pada performa bandwidth. Pengalaman maksimal diberikan oleh DDR3 dengan socket dan chipset yang tepat. Isitlah multithread bandwidth merupakan gambaran paling pas untuk mendeskripsikan kecepatan sebuah RAM.

Maksudnya, semakin tinggi dan cepat multithread bandwidth yang dihasilkan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna. Task yang dilakukan setiap pengguna pun semakin powerfull dilakukan. Bermodal RAM DDR3 dengan 4GB 2,400MHz, maka anda akan mendapat 15GB/s dan 28.58GB/s single dan multithread bandwidth.

Sedangkan, bila anda berani mencoba DDR4, gunakan 8GB stick. Maka, anda akan mendapat hasil 32GB/s multithreaded bandwidth. Akibatnya, anda akan mendapat pengalaman multitask yang mengesankan. Disamping bisa mengakses berbagai task secara bersamaan, anda pun akan puas dengan kecepatan yang dihasilkan.

DDR4 dan Gaming

Alasan Kenapa Anda Harus Upgrade RAM DDR4 Pada PC Sekarang

DDR4 berdampak pada jumping effect yang mengesankan. Bermain game pun terasa sangat smooth dan memuaskan. Pengguna game pasti sensitif terkait performa RAM. Umumnya, kebanyakan masih menggukan RAM DDR3. Itu pun sudah terasa maksimal. Alasannya, karena masalah harga dan compitible.

Hadirnya DDR4 merupakan pilihan lanjutan. DDR3 sudah dirasa tak mumpuni guna mengover berbagai game yang ada saat ini. Ketika anda memasukkan 4GB 2,400MHz sticks, maka kecepatan yang dihasilkan 62.7fps. Namun, apabila anda upgrade sedikit lagi ke 8GB 2,666MHz DIMMs, maka kecepatan yang anda dapatkan yaitu 64.2fps.

Team Delta RED DDR4 2x4GB - PC 3000Team Delta RED DDR4 2x4GB – PC 3000

Tentunya, kecepatan ini memiliki pengaruh yang mengesankan bagi anda. Ketika bermain game perubahan kecepatan, meski satu angka, memiliki dampak yang signifikan pada performa.

Alhasil, anda wajib mengupgrade RAM anda saat ini juga. Cobalah menggunakan DDR4. Meski masih baru dengan compitible socket dan chipset yang terbatas, apabila pas, maka anda akan mendapat pengalaman yang mengesankan.

Comments

Comments are closed.