Bagaimana Jadinya Jika Cyborg Menjadi Bagian Tubuh Manusia

0
799

Pernahkah kamu mendengar tentang  Cyborg? Sebagian dari kamu pasti ada yang pernah mendengar istilah ini. jika pernah menonton sebuah film yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger yaitu The Terminator dan film lainya seperti Star Trek : The Next Generation atau The Six Million Dollar Man yang memperlihatkan adanya sosok Cyborg yang berkelakukan seperti manusia. Sejenak mungkin sulit dipercaya, namun canggihnya teknologi saat ini memungkinkan sebuah Cyborg atau Robot mirip manusia ini mulai muncul.

Cyborg adalah salah satu hasil rekayasa manusia dengan menggunakan teknologi canggih. Kebanyakan Cyborg yang dirancang, memang untuk benar-benar menyerupai manusia secara real. Bisa dibilang Cyborg ini juga merupakan perpaduan antara manusia dan mesin.  Terkadang manusia berfikir, mengapa ada Cyborg yang bisa meniru semua hal yang manusia lakukan, padahal mereka adalah robot. Cyborg memang sengaja dirancang menyerupai manusia, agar dapat mempermudah pekerjaan manusia itu sendiri dalam berbagai bidang.

Lensa Kontak Augmented Reality
Contoh Cyborg

Situs berita technologi Digital Trend mengulas mengenai Cyborg ini dalam rangka 10 tahun kemunculan situs beritanya. Mereka memaparkan mengenai kecanggihan Cyborg yang berhasil merubah kehidupan manusia, hingga mengulas jenis Cyborg yang saat ini sudah mulai digunakan oleh  sebagian orang. Salah satu hal yang menjadi inti sebuah Cyborg yang ternyata banyak dimanfaatkan manusia saat ini adalah Cyborgism. Keberadaan Cyborgism ini sepertinya benar-benar bisa berguna untuk manusia, bahkan mereka nekat untuk menyatukan Cyborgism ini ke dalam tubuh manusia.

Mungkin kamu baru mendengar istilah Cyborgism ini, karena istilah ini masih sangat asing di telinga kita. Cyborg adalah singkatan dari Cybernetic Organism (Organisme Sibernetik). Istilah ini diperkenalkan oleh Manfred Clynes pada tahun 1960an. Cyborg ini digunakan untuk menggambarkan kebutuhan manusia untuk meningkatkan fungsi biologis artificial dalam bertahan hidup dari lingkungan yang kurang bersahabat.

Penemuan Teknologi Cyborg Yang Telah Ada saat ini, sebagai berikut:

Dr Kevin Warwick, Robotic Hand

kevin-warwick-project-cyborg-dt10-2560x9999

Percobaan sang dokter ini sempat disembut sebagai The World First Cyborg di tahun 2002. Kamu perhatikan dan bayangkan, robot tangan ini memiliki fungsi yang sama dengan tangan manusia pada umumnya.

Tim Canon With Homemade Circadia, Implant Record Body Temperature

grindhouse-wetware-circadia1-1200x9999

Kamu bisa perhatikan bahwa sebuah benda kecil ditanamkan kedalam tangan manusia. Benda tersebut adalah Cyborg yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.

The Grindhouse Wetware Team Work, Augmenting Humanity

grindhouse-wetware-header-maij-2560x9999

Cyborg lainya yang juga ditanamkan ke dalam bagian tubuh manusia adalah seperti yang dilakukan oleh The Grindhouse ini. masih terinsipirasi oleh Dr. Warwick, mereka melakukan implant di atas permukaan tangan mereka. kamu bisa bayangkan dan melihat jahitan yang ada di sekitar tangan mereka.

Sekilas, mungkin kita akan merasa kesakitan saat sesuatu benda Cyborg ini ditanamkan pada bagian tubuh kita yang tidak semestinya. Tapi kamu harus tahu bahwa beberapa orang yang melakukan hal tersebut, malah merasa adanya cyborg ini sangat membantu mereka dalam melanjutkan hidup. Ini juga berlaku pada seseorang yang mengalami kekurangan terhadap pendengaranya, atau seseorang yang harus kehilangan bagian tangan atau kakinya karena kecelakaan.

Seiring berkembangnya zaman, terutama dalam dunia medis, keberadaan Cyborg mulai diperhitungkan. Salah satunya buktinya adalah seperti yang diberikan pada Neil Harbisson, seorang  yang terlahir menderita  achromatopsia atau sejenis penyakit buta warna, yang akhirnya bisa membedakan warna, setelah dilakukan implant pada bagian kepalanya. Implant tersebut nantinya bisa mendeteksi warna dengan sebuah sensor, lalu dirubah ke dalam bentuk suara. Saat dia bisa mendengarnya, dia akan tahu warna apa yang sedang dia lihat.

neil-harbisson-eyeborg_-720x720

Beberapa dari penciptaan cyborg tadi rupanya masih bisa berkembang lagi di masa depan nanti. Dr. Warwick sebagai pelopor terbaru dalam dunia cyborg  ini mengatakan bahwa siapa saja bisa memiliki ide dan menjadikan lebih banyak lagi Cyborg di dunia ini, dalam berbagai bidang. Dia mengatakan bahwa teknologi seperti ini tidak bisa dihentikan. Selama ada orang yang memerlukanya, cyborg dengan jenis baru akan tercipta. Bagaimana jika di Indonesia Cyborg ini mulai ada? sepertinya kamu akan mengikuti keseruanya.

 

 

Comments

Comments are closed.