Kini, berbagi file tidak hanya bisa dilakukan menggunakan kabel atau eksternal harddisk. Teknologi yang diperkenalkan sejak kemunculan Windows 7 ini memang tidak begitu booming di kalangan pengguna windows.

Bahkan mungkin, teknologi ini, sudah ada di laptopmu. Namun, kamu tak sadar dengan teknologi tersebut. Kalau bisa menggunakan teknologi ini, maka ini bisa mempermudah berkirim file tanpa menggunakan kabel.

Bisa lebih fleksibel dan efisien. Teknologi ini memudahkan pengguna windows ketika ingin berkirim file dari satu perangkat windows ke perangkat windows lainnya. Kamu tak perlu lagi membawa harddisk eksternal yang berat dan memakan tempat. Atau, mengantongi flashdisk yang kapasitasnya terbatas.

Dilihat dari sisi fungsi dan kemudahan yang ditawarkan, pastilah kamu akan menggunakannya. Teknologi ini bernama “HomeGroup”. Teknologi yang masih berusia seumuran jagung ini memiliki kemiripan fungsi seperti teknologi yang dikembangkan oleh Apple, yaitu AirDrop.

Meski sama-sama memudahkan dalam hal berbagi file, agaknya HomeGroup miliki windows memiliki keunggulan tersendiri. Yaitu, membagi file kepada group sekaligus.

Nah, bagi kamu yang baru mengenal teknologi ini, maka berikut penjelasan lengkap mengenai tata cara menggunakan HomeGroup di Windows:

Mengaktifkan HomeGroup

Apa kamu menggunakan windows 8 atau windows 10? Apabila iya, maka kamu akan lebih mudah ketika menggunakan fitur ini. Untuk mengaktifkan HomeGroup, silahkan masukkan keyword “HomeGroup” pada bagian Search box di the Taskbar. Atau, klik ‘Start > Control Panel > HomeGroup.

Selanjutnya, Buat sebuah homegroup pada kotak yang muncul. Lalu, klik Next. Pada tahap ini, kamu pun akan dianjurkan untuk memilih jenis fitur yang digunakan untuk berbagi file, bisa via Wifi, LAN, atau USB Port.

Tambah Teman

Setelah selesai melakukan konfigurasi jaringan penghubung antarlaptop, selanjutnya klik Join now. Lakukan pengaturan file di folder mana saja yang ingin kamu bagikan.

Kamu bisa membagikan beberapa folder sekaligus. Selain itu, kamu pun bisa mengatur file atau folder mana saja yang tidak ingin kamu bagikan dengan orang lain. Dengan cara ini, kamu pun tidak perlu takut file yang tergolong privacy tersebar luas.

Tampilan HomeGroupmu.

Semakin mudah dengan adanya fitur HomeGroup Interface. Kamu bisa melihat file apa saja yang dibagikan atau boleh dibagikan. Silahkan lihat di bagian sidebar sebelah kanan, lalu klik Libraries.

Kamu akan melihat berbagai file dan folder yang bisa diakses oleh teman HomeGroupmu.

Pengaturan.

Meski sudah bisa diakses oleh anggota group, kamu pun masih bisa mengatur beberapa hal. Apabila kamu ingin menambahkan pengaturan tertentu dalam HomeGroup, maka klik HomeGroup di bagian kiri layar Windows Explorer.

Selanjutnya kamu bisa melihat tampilan baru. Silahkan pilih Change HomeGroup settings’. Lalu, kamu bisa mengatur segala hal yang menurutmu perlu diubah.

Tata Cara Berbagi File

Caranya cukup mudah kok. Silahkan kamu menuju folder yang berisi file yang ingin kamu kirimkan. Klik kanan, lalu pilih Share with > HomeGroup (view)’ or ‘HomeGroup (view and edit).

Ada perbedaan antara HomeGroup (view) dan HomeGroup (view and edit). HomeGroup View hanya mengijinkan laptop yang mendapatkan berkas untuk melihat saja. Sedangkan, HomeGroup (view and edit) mengijinkan laptop lain melihat dan mengedit file.

Berbagi dengan Media Lain

Selain bisa berbagi file yang ada di dalam harddisk laptopmu, fitur HomeGroup pun mengijinkan kamu membagikan file di luar laptop. Maksudnya, file lain (misalnya, yang ada di Flashdisk, SD Card, atau bahkan MP3) pun bisa kamu bagikan.

Windows-10-logoCaranya cukup mudah sekali, Silahkan kamu klik HomeGroup, lalu HomeGroup Setting, silahkan kamu ubah pengaturan di bagian Homepage Sharing Setting. Di dalam pengaturan ini kamu bisa mengatur file atau folder mana yang ada di device externalmu yang bisa dilihat atau diakses oleh group

Berdasarkan penjelasan di atas, mana yang masih membingungkanmu? Apabila masih bingung, silahkan berkomentar di kolom komentar ya.

Windows 10 merupakan upgrade sistem operasi yang paling ditunggu beberapa tahun ini. Kamu tentu tahu, windows tidak pernah melakukan upgrade pada sistem operasi. Entah kenapa pihak windows tidak segera meng-upgrade sistem operasinya.

Semoga dengan adanya update windows 10 ini, para pengguna windows bisa menghapus kekecewaan pengguna setianya.

Buat kamu yang sudah menggunakan windows 10 ini, apa pendapatmu?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.