Memori yang memiliki kapasitas besar pada sebuah smartphone menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan orang, setiap kali membeli smartphone. Alasanya, mereka ingin smartphone yang nantinya anti hang dan bisa menyimpan banyak file penting seperti gambar, foto, video dan musik favorit.  Memang ada dua pilihan untuk menyimpan file-file tersebut, yaitu dengan tambahan memori ekstra mikro SD. Tapi, kalau memori internalnya sudah cukup maksimal, kan tidak usah keluar biaya lagi untuk membeli ekstra memori tersebut.

Kebayang kan, kalau misalnya kamu membeli smartphone dengan kapasitas memori internal yang standar, dan disaat kamu harus merekam moment-moment indah bersama keluarga, atau foto-foto saat liburan, ternyata saat akan dipindahkan ke PC atau laptopmu, file tersebut hilang karena memorinya  tidak cukup. Untuk itulah sebaiknya kita  memiliki memori internal smartphone yang maksimal. Betapa pentingnya fungsi memori, terutama pada memori internal sebuah smartphone. Namun, sangat disayangkan jika kapasitasnya standar karena terbatas budget untuk membeli smartphone impian.

Di zaman yang sudah modern dan canggih ini bisakah kita menambah memori internal secara gratis, tanpa harus membayar sepeserpun? Jawabanya tentu bisa. Saat ini kita bisa dengan mudah menambah memori internal pada smartphone, dengan menggunakan sebuah aplikasi khusus. Aplikasi ini adalah Link2SD. Aplikasi yang sudah di unduh oleh lebih dari 10 juta pengguna ini rupanya bisa memecahkan permasalahan memori internal yang ingin ditambah kapasitasnya. Kamu bisa lihat di playstore aplikasi ini memiliki ukuran 2.44MB dan bisa didownload secara gratis.

link2sd_copertina

Apa Yang diperlukan Untuk Penambahan Memori ini?

Kamu siapkan Komputer atau laptop milikmu, lalu download terlebih dulu di PC atau laptopmu software Mini Tool Partition. Lalu siapkan SD Card 8 GB atau Lebih.jangan lupa untuk mendownload aplikasi Link2SD. Sebelum melakukan penambahan memori ini, pastikan smartphone milikmu sudah di rooted terlebih dulu. Data-data yang sebelumnya juga harus kamu backup dulu, sebagai alternatif jika penambahan memori ini mengalami kegagalan.

partition64

Bagaimana Cara Melakukan Penambahan Memorinya?

  • Masukan memori internal ke PC atau laptop dengan cardreader.
  • Tunggu hingga terdeteksi pada minitool partition, lalu Klik kanan dan pilih “delete”
  • Lalu buat partisi pertama dengan file system FAT 32. Buat namanya sesuai keinginan. Lalu pilih type primary serta file system FAT 32, lalu tekan OK
  • Lalu buat partisi kedua dengan file system EXT 4 yang akan menjadi memori tambahan internal. Pilih di Unallocated, lalu pilih Create partition. Klik yes untuk lanjut.
  • Pilih Setting 1 GB untuk EXT 4, lalu tekan OK.
  • Buat Partisi ketiga dengan file system swap memory. Pilih di Unallocated, lalu pilih create partition. Akan ada notifikasi, Klik yes
  • Buat Nama Label apa saja, pilih type primary serta file system Linux Swap, lalu pilih OK
  • Kemudian pilih tombol Apply

Bagaimana Langkah Selanjutnya?

Setelah bekerja dengan software Mini Tool Partition tadi di PC atau Laptopmu, saatnya kamu menggunakan aplikasi Link2SD yang sudah di download di smartphonemu.

  • Masukan SD Card ke perangkat Androidmu, jalankan aplikasi Link2SD
  • Pilih ext4
  • Reeboot Smartphone Androidmu
  • Buka Kembali Software Link2SD kamu, pastikan apakah status memori kamu sudah “Mounted” atau belum. jika belum, langkah diatas perlu kamu ulangi lagi
  • Jika ext4 gagal, rubah dengan ext2 atau ext3

Aplikasi Link2SD ini sebenarnya memiliki fungsi lainya, selain sebagai aplikasi penambah memori internal saja. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindahkan file atau software lainya. Terkadang ada banyak software yang juga ingin kita install pada smartphone android kita, tapi karena keterbatasan memori, ini tidak bisa dilakukan. Memori terlanjur penuh, tapi file yang pernah diunduh sebelumnya ini, bisa dipindahkan dengan Link2SD.

Langkah-langkah diatas memang cukup rumit ya, namun jika kamu terbiasa menggunakanya, kamu akan  tahu bagaimana cara untuk menambah memori internal secara grati tersebut. jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dulu, sebelum Android smartphonemu di Rooted , sangat disayangkan jika ketika penambahan storage ini, terjadi kegagalan dan semua datamu hilang. Selamat mencoba.

 

Comments

Comments are closed.