Awal tahun ini, dunia gadget, terutama dari jenis Smartphone, semakin banyak dirilis dan bersaing dengan cukup ketat. Seri-seri smartphone yang baru ini bakalan semakin disukai oleh para penggemarnya, dibandingkan dengan seri lamanya. Fitur seperti 4G LTE pada smartphone yang baru dirilis, sudah pasti menjadi salah satu unggulan terbaiknya. Kebayang kan, kalau kamu menjadi orang yang beruntung untuk mendapatkan salah satu dari Smartphone terbaru itu, kamu akan sangat senang dan bisa menikmati fitur baru pada smartphone kamu. Tapi ada hal penting yang harus kamu perhatikan, sebelum kamu memulai petualangan kamu di smartphone terbarumu.

Berpindah dari smarthone lama ke smartphone baru, kedengaranya sangat mudah dan tidak terlalu masalah. Tapi, di era smartphone ini saat migrasi dari satu smartphone ke smartphone lainya, kamu bukan hanya memindahkan kartu SIM Card dari handphone lamamu, ke handphone yang baru. Zaman dulu, mungkin kegiatan ini sangat mudah tanpa harus berfikir ribet soal aplikasi dan social media, tapi untuk sebuah smartphone, ada beberapa hal penting yang kamu harus tahu, supaya privasimu akan selalu aman dan terjaga.

ponsel-jadu

 

Untuk kamu yang  akan migrasi dari smartphone lama ke smartphone baru, tahan dulu ya, karena terlebih dulu kamu harus mengetahui beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kamu melakukan migrasi smartphone. Hal ini cukup penting, apalagi jika kamu berniat untuk menjual kembali smartphone lamamu. Yang paling penting dalam hal ini adalah pengamanan data kontak, memori, akun social media dan beberapa aplikasi penting lainya yang terkoneksi dengan emailmu.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum melakukan migrasi dari  smartphone lama ke smartphone baru kamu, berikut penjelasanya:

Lakukan Backup Secara Menyeluruh

Saat kamu akan menjual kembali smartphone lamamu, pastikan melakukan backup data terlebih dahulu. Pastinya, kamu tidak menginginkan data-data pribadimu seperti foto, music, kontak,catatan, teks dan privasi lainya diketahui oleh orang lain yang mungkin akan menggunakan smartphone lama kita. Back up data secara menyuluruh adalah cara yang benar yang dapat membantu mengamankan data-data pribadi kamu, sebelum kamu bermigrasi ke smartphone yang baru.

Back up data secara menyeluruh ini bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yang cukup mudah. Kamu bisa menggunakan hardisk dengan daya tampung yang besar untuk menampung data-data penting milikmu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan penyimpanan online seperti google drive atau Cloud yang terdapat pada seri Android atau iOS.  Untuk data seperti kontak nomor telepon, biasanya sudah tersimpan dalam akun email pribadi milikmu. Perhatikan saat kamu akan menambahkan nomor telepon baru ke kontakmu, notifikasi untuk menyimpanya di email akan muncul.

 

Lakukan Log Out Pada Semua Aplikasi dan Social Media yang sering Kamu gunakan

Saat menggunakan smartphone lama, akan banyak aplikasi penting dan juga social media yang sering kamu akses setiap harinya. Pastikan kamu sudah melakukan Log Out pada semua aplikasi, baik itu Games, Aplikasi olahraga, social media, dan aplikasi lain yang mengharuskanmu Log in dengan akun email milikmu sendiri. Hal ini penting, karena tentunya ini juga menyangkut privasi kamu sendiri. Setelah melakukan Log Out, pastikan bahwa seluruh social media dan aplikasi yang pernah kamu gunakan itu, sudah aman, dan tidak lagi terkoneksi dengan akun email pribadi milikmu.  Hal ini bisa menghindari kasus yang sering terjadi, seperti data pesan dalam sms atau email akan muncul kembali saat smartphone digunakan lagi oleh orang lain yang membelinya dengan cara second.

Hancurkan data milikmu

Mungkin kebanyakan orang berfikir, kalau sudah melakukan penghapusan data dengan Back up dan juga Log out dari semua aplikasi, hal ini sudah dapat membersihkan seluruh data dan folder dalam smartphone, tapi sepertinya itu belum 100 % bersih. Yang harus dilakukan adalah pembersihan secara penuh dan hancurkan sisa data milikmu yang mungkin masih tersimpan pada smartphone lama milikmu. Beberapa aplikasi pembersih data ini sudah tersedia dalam smartphone baik jenis Android atau iOS, seperti Android Devices pada Android, dan iOS Devices pada perangkat iOS.

Sterilkan Smartphone lama kamu

Setelah melakukan pembersihan secara menyeluruh dan tuntas pada smartphone lama milikmu, kamu hanya tinggal mensterilkan smartphone ini. Hanya dengan melakukan cek ke beberapa bagian aplikasi dan juga penyimpanan lainya yang  kamu gunakan untuk menyimpan data pribadi milikmu. Dengan begitu, data kita akan tetap aman, tanpa khawatir aka nada orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan data penting kita untuk kepentingan pribadinya. Setelah seluruhnya steril, kamu bisa kembali membungkus smartphone milikmu dan siap-siap untuk menjualnya kembali.

untuk kamu yang berencanan membeli smartphone second, kamu juga harus memastikan bahwa smartphone second yang kamu beli, benar-benar sudah dibersihkan seluruh data di dalamnya. jika ada data penting yang masih bersisa, sebaiknya kamu bersihkan seluruh data tersebut dengan cara yang sama, seperti di atas. dengan begitu, kamu tidak perlu repot melakukan penghapusan data secara manual, satu persatu. selalu berfikiran positif saat menemukan data penting milik orang lain yang mungkin masih tersisa pada smartphone second yang akan kamu beli, segera lakukan pembersihan data secara meneyeluruh.

Beberapa cara diatas bisa kamu lakukan sebagai tindakan pengamanan terhadap data-data pribadi milikmu selama ini yang sudah tersimpan, atau bahkan tercopy secara terus-menerus, sehingga perlu dilakukan pembersihan secara menyeluruh dan total. Dengan begitu, kamu tidak perlu merasa khawatir lagi dengan data-data pribadi yang akan tersebar jika kamu menjual smartphone lama milikmu kepada orang lain. Cara ini juga lebih baik dibanding kamu harus membuang dan mengasingkan smartphone lamamu karena kecanggihan smartphone barumu yang lebih mendukung gaya hidupmu saat ini.

jangan lupa share artikelnya ya, semoga bermanfaat !

 

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.