Ada begitu banyak file dalam PC atau Laptop milikmu, yang mungkin merupakan data-data penting yang sengaja kamu simpan dalam bentuk Folder tertentu. Ada yang berupa dokumen, Slide presentasi atau juga file gambar. Terkadang, beberapa file yang kamu rasa tidak perlu ingin kamu hapus agar tidak terlalu memenuhi Folder yang ada. seluruh file yang terhapus ini secara otomatis akan hilang dari menu Folder dan akan berpindah ke Recycle Bin.

Recycle Bin adalah folder special yang bisa mengembalikan file yang sebelumnya telah kamu hapus. Pertama kali ditemukan pada Windows 95. Recycle Bin yang memiliki Icon tempat sampah ini memang berfungsi sebagai folder yang menampung file sampah , dalam artian file yang telah kamu hapus  dari Folder lain di Drive komputer PC atau Laptop milikmu.

Setelah File yang kamu hapus masuk ke Recycle Bin, file tersebut akan ditampung pada Folder ini, hingga menumpuk. Kapan saja kamu membutuhkan file terhapus ini, selagi masih tersimpan pada Recycle Bin komputer atau laptop milikmu, kamu akan bisa mengembalikan File tersebut dengan melakukan klik kanan pada File di Recycle Bin, lalu Cut file tersebut dan  paste pada folder yang baru.

File sampah yang sudah berpindah ke Recycle Bin ternyata tidak akan terhapus, jika memang kamu tidak menghapusnya langsung pada Folder Recycle Bin tersebut, sehingga kamu masih bisa mengembalikan Files yang sudah terhapus sebelumnya. Masalahnya, terkadang karena sibuk dan terbiasa menghapus semua File sampah yang ada di Recycle Bin tersebut, kamu menghapus seluruh File sampahnya. Ketika kamu ingat bahwa ada file yang ternyata kamu perlu, tapi sudah terhapus, apakah masih bisa dikembalikan?

Jawabanya adalah tentu saja bisa. Ada beberapa Software program Windows yang berdiri sendiri dan ternyata memiliki fungsi untuk recovery files yang perlu dikembalikan walaupun sudah dihapus, karena Recycle Bin dikosongkan. Beberapa Software ini terdapat pada Windows dan satu diantaranya ada pada Mac Komputer.  Software tersebut dikenal dengn Restorasi, Recuva dan MiniTool Mac Data Recovery.

dikutip dari www.thetechmentor.com Berikut ini penjelasan dari beberapa Software Program tersebut, dan cara untuk menjalankanya:

Recovery menggunakan Restorasi?

Restorasi atau Restoration pada windows ini adalah program yang berfungsi untuk mengembalikan file yang telah dihapus dari Recycle Bin, bahkan dapat mengembalikan files yang dihapus dari dalam windows. Program ini berdiri sendiri, dan jika kamu membutuhkanya, kamu harus mendownloadnya terlebih dulu.

Penggunaanya juga cukup mudah, setelah didownload, dan membuka program tersebut, klik start dan kamu bisa memindai semua file yang dapat dikembalikan, atau kamu juga bisa membatasi, mana file yang akan dikembalikan dan mana yang tidak perlu dikembalikan. Software Program ini tidak memerlukan Instalasi terlebih dulu. Restorasi juga dapat disinkronkan dengan FAT dan NTFS serta Memori Card kamera Digital.

Langkah –Langkah Menjalankan Program Restoration

  1. Mendownload Software Program Restoration

Untuk mendapatkan program ini, kamu tidak harus membayar sepeser pun juga, karena program Windows ini softwarenya gratis. Kamu bisa mendownloadnya disini http://www.snapfiles.com/get/restoration.html

  1. Pilih Drive untuk Memindai Files

restoration1

Kalau kamu menggunakan Windows 7 atau Windows 8, setelah program terinstal, lakukan Klik kanan pada Restorasi dan pilih “Run as Administrator”.  Selanjutnya, pilih Drive yang ingin kamu scan. Jika kamu mengetahui nama filenya, atau beberapa bagian dari file tersebut, ketikan “semua atau bagian dari file”. Jika tidak ada yang diingat, maka kosongkan saja. setelah semuanya lengkap, Klik “Cari File Terhapus”.

  1. Lakukan Pemindaian pada daftar untuk menemukan File yang ingin dikembalikan

restoration

Setelah selesai melakukan scan , kamu juga bisa mencari file tersebut melalui daftar file. Jika kamu menemukanya, Klik “Restore dan Salin”.

  1. Simpan File Tersebut pada Drive Yang Berbeda

restoration5

Setelah kamu menemukan File yang ingin dikembalikan, akan ada notif yang menanyakan File tersebut akan disimpan di drive mana. Pilih Drive yang berbeda dengan Drive di langkah awal, agar tidak terjadi penumpukan File aslinya. Setelah itu, file tersebut seharusnya bisa dibuka.

 

Apa Itu Recuva?

Alternatif lainya, jika Restorasi tidak dapat melakukan pekerjaanya dengan baik, maka program lainya yang bisa digunakan adalah Recuva. Memiliki fungsi yang sama dengan Restorasi , Recuva juga berfungsi membatalkan penghapusan file, bila Recycle Bin dikosongkan. Namun ada sedikit yang berbeda antara Restorasi dan Recuva, yaitu dari segi pemindaianya. Berikut cara untuk menggunakanya:

Langkah-Langkah Menjalankan Program Recuva:

  1. Download Recuva Terlebih Dulu

recuva1

Langkah awalnya hampir sama dengan Restorasi, kamu pilih Drive mana yang akan digunakan untuk menginstal Recuva. Download programnya disini. http://www.piriform.com/download

  1. Jalankan Softwarenya dan Pilih Tipe File Recovery

recuva2

Saat pertama kali menjalankan recuva, akan ditampilkan file Wizard yang akan menanyakan apa jenis file yang ingin anda kembalikan. Jika anda belum ingat nama filenya, maka klik “All Files”.

  1. Pilih opsi dari Recycle Bin

recuva3

Kemudian akan ada tampilan Wizard baru yang kembali menanyakan dimana file tersebut berada. Anda pilih Opsi “Dalam Recycle Bin”.

  1. Lakukan Pemindaian

Kamu lakukan pemindaian , dengan memilih opsi Aktifkan Deep Scan.

  1. Pilih File

recuva5

Setelah pemindaian selesai, kamu bisa memilih file yang ingin dikembalikan. Pilih filenya dan klik “Recover” . pilih lokasi pada drive yang berbeda.

Bin Pada komputer Mac

 

minitool1-300x233

Untuk kamu yang menggunakan Komputer Mac, tidak usah khawatir, karena khusus Mac ternyata ada juga software yang bisa mengembalikan File yang telah dihapus pada recycle Bin yang kosong. Softaware tersebut adalah MiniTool Mac Data Recovery. Software ini dapat mengembalikan file gratis hingga 1 GB. untuk mendapatkan software ini secara penuh, kamu harus membayar untuk versi lengkapnya.

Berikut Link nya: http://mac.powerdatarecovery.com/

Untuk kamu pengguna PC dan Laptop Windows maupun Mac Komputer dan Macbook, tidak usah khawatir jika ternyata Files yang sudah pernah kamu hapus sebelumnya, sudah hilang di Recycle Bin. beberapa Software Program di atas dapat membantu mengembalikan File yang sudah dihapus di Recycle Bin tersebut. pastikan Files yang kamu hapus memang benar Files yang sudah tidak  digunakan lagi, sehingga kamu tidak perlu untuk melakukan Instalasi Software ini yang membutuhkan Waktu cukup lama.

 

Comments

Comments are closed.