Portrait of a hacker with balaclava against grey background

Seiring berkembangnya teknologi, pengguna internet semakin meningkat, salah satunya pengguna internet dengan smartphone. Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah pengakses  internet lewat smartphone terbanyak, setelah India (techinasia.com). dengan fakta seperti itu, wajar saja jika di Indonesia hadir ecommerce atau toko online yang menawarkan berbagai macam produk pilihan yang pastinya disukai oleh masyarakatnya. Belanja online lewat ecommerce atau toko online tersebut tampaknya lebih praktis,lengkap dan mudah, terutama dalam hal transaksi keuanganya.

Sekarang, ada banyak toko online di Indonesia yang masing-masing menawarkan produk andalanya, promo yang menarik dan juga transaksi yang mudah.  Toko-toko online tersebut mengklaim bahwa bertransaksi dengan mereka akan terjamin keamananya serta terpercaya. Namun, kenyataanya masih saja ada orang yang bisa terkena tipu saat belanja online. Awalnya mereka mengikuti aturan belanja online seperti biasanya, namun masalah timbul saat melakukan transaksi keuangan, dimana uang sudah ditransfer, tapi barang tidak kunjung datang.

Penipuan online bisa terjadi karena salah satu pihak yang mungkin tidak mengerti mengenai seluk beluk toko online terkait. Toko online resmi yang aman dan terpercaya adalah yang sering kamu lihat iklanya di Televisi atau Iklan di youtube. Sementara toko online “abal-abal” ada berbagai macam modus yang membuatnya bisa berhasil menipu pelangganya. Kamu tidak usah khawatir menghadapi kejadian seperti ini, berikut ini ada beberapa cara menghindari penipuan saat belanja online:

www.naylashoponlinee.blogspot.co.id toko online penipuan by PoliceOnline.info

Cek Mengenai Identitas dan Reputasi Toko Online Pilihanmu

Ini adalah hal penting yang perlu kamu lakukan saat ingin berbelanja online di salah satu toko online atau marketplace online yang beredar saat ini. jangan lupa untuk melakukan cross check identitas penjual, jika anda belanja online dari marketplace. Pastikan bahwa si penjual ini memiliki reputasi yang baik dalam hal menjual barangnya di marketplace tersebut.

Jika anda belanja di toko online yang tunggal, tidak berada dalam marketplace, anda bisa tanyakan soal reputasi ini dari orang yang pernah berbelanja online ke toko terkait. Informasi mengenai toko online abal-abal atau tidak, kamu juga bisa cari di google. Mungkin saja, toko online yang berniat menipumu sudah banyak korbanya yang curhat di sosial media, dan informasinya mudah di dapatkan.

Usahakan Belanja Online ke Penjual Yang Lokasinya dekat


Belanja online memang memungkinkan untuk mengirim barang pesanan dari jarak jauh sekalipun. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan online ini, kamu lebih baik memilih toko online yang keberadaanya tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggalmu. Saat terjadi penipuan, kamu tidak harus jauh-jauh keluar pulau tempat tinggalmu, hanya karena ingin menangkap pelaku usaha online abal-abal tersebut.

Gunakan Fasilitas Rekening Bersama


Fasilitas ini sudah mulai digunakan oleh berbagai marketplace terpercaya di Indonesia. Seperti tokopedia dan Forum jual beli kaskus. System rekening bersama ini aman untuk pihak penjual maupun pembeli. Prosesnya adalah sebelum barang dikirim dari penjual ke pembeli, uang yang sudah di transfer oleh si pembeli akan masuk ke rekening marketplace terlebih dulu. Setelah barang sampai dan diterima pihak pembeli, barulah uang tersebut dikirim oleh marketplace ke penjual.

Bisa COD, Pilih COD saja


Cara ini lebih aman dan jelas. Saat kamu belanja online, kamu bisa bayar orderanmu tersebut langsung di tempat, saat orang yang mengirim paketmu sampai di depan rumah. Biasanya pengantar COD ini adalah jasa pengiriman yang bekerja sama langsung dengan pihak marketplace, atau juga dikirim dari pihak marketplacenya langsung.

Comments

Comments are closed.