Aplikasi yang satu ini dikenal sebagai salah satu aplikasi browsing yang memiliki jumlah pengguna lumayan banyak. Tampilan yang simpel dan fungsi yang lengkap membuat aplikasi Chrome menjadi andalan untuk mengakses sebuah website atau blog.

Namun, agaknya beberapa waktu dekat ini banyak pengguna Chrome yang mengeluhkan performa Chrome. Semakin lama semakin “berat” dirasakan oleh pengguna. Pengaruhnya tidaklah sedikit, aktivitas browsing pengguna bisa sangat terganggu dengan hal ini.

Tidak heran, beberapa waktu lalu pun dunia internet digemparkan dengan adanya “segerombolan” pengguna Chrome yang berpindah ke pesaingnya, yaitu Mozilla.

Apabila ditelusuri lagi, sebenarnya ada cara rahasia menggunakan Chrome agar terasa lebih powerfull dan nyaman. Mau tahu? Berikut caranya:

Manfaatkan Chrome Flags

Apa itu Chrome Flags? Ini merupakan salah satu fitur Chrome yang memperbolehkan penggunanya melakukan “manipulasi” pada aplikasi Chrome sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk menikmati layanan ini, kamu cukup ketikkan: chrome://flags, pada kolom input laman di bagian atas. Selanjutnya, kamu akan mendapati screen yang berisi pengaturan-pengaturan tertentu.

Di dalam pengaturan tersebut, terdapat beberapa pengaturan mengenai FPS Counter, Fast tab/window close, Show Autofill predictions, Save page as MHTM, dan masih banyak yang lainnya. Silahkan kamu coba dan sesuaikan dengan keinginanmu.

Chrome DevTools

chrome_vs_internet_explorer_vs_firefox__by_dj1001-d63jt3yTentu sudah banyak yang tahu mengenai hal ini. Fitur Chrome DevTools merupakan fitur unggulan yang membuat banyak developer website sulit berpindah ke browser lain. Fitur ini memudahkan developer “membaca” deretan kode website, seperti HTML, CSS, dan lain-lain.

Tampilan dan navigasi yang disediakan sangatlah sederhana. Sehingga kamu pun pasti bisa menggunakannya.

Untuk menikmtai fitur ini, kamu cukup pergi ke Tools > Developer Tools. Atau, lebih singkatnya gunakan shortcut keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + I (Cmd + Opt + I untuk Macbook).

Chrome Shortcut

Ya, saya paham. Sangat sedikit pengguna Chrome yang mengetahui akan hal ini. Padahal, apabila bisa menggunakannya, maka kontrol navigasi bisa lebih cepat.

Beberapa shortcut yang bisa kamu manfaatkan diantaranya:
Ctrl/Cmd + T – New tab
Ctrl/Cmd + W – close tab aktif
Ctrl/Cmd + Shift + T – membuka tab yang sudah ditutup
Ctrl + Tab – Berpindah ke tab sebelah kanan.
Ctrl + Shift + Tab – Berpindah ke tab sebelah kiri.
Ctrl/Cmd + Shift + B – menampilkan bookmark bar.

Selain beberapa shortcut yang telah disebutkan tadi, masih ada fitur lainnya yang tak kalah penting. Kamu bisa melihat secara lengkap di sini.

Mute Tab

Di jaman seperti ini, tidak hanya orang yang dituntut mampu melakukan banyak tugas secara bersamaan. Selaras dengan hal itu, aplikasi chrome pun juga mendapatkan “tekanan” agar bisa digunakan untuk multitasking.

google_chrome_material_design_by_ziggy19-d87rllfUntuk menjawab kebutuhan pengguna yang seperti demikian, Chrome pun menghadirkan fitur yang mempermudah kamu me-manage banyak tugas sekali waktu.

Namanya, Mute tab. Layanan ini mengijinkanmu mengatur bagaimana menggunakan tab di chrome. Untuk pengaturan yang lebih cepat, kamu bisa mengaksesnya dengan memasukkan “chrome://flags/#enable-tab-audio-muting” di kolom input laman web di bagian atas. Lalu, klik enter.

Berikutnya, kamu bisa melihat berbagai pengaturan yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Misalnya, seperti mematikan fungsi di salah satu tab (suara, video, dan lagu). Serta masih banyak yang lainnya.

Seiring kebutuhan yang kompleks yang seperti ini, mau tidak mau setiap aplikasi harus mampu menjawab kebutuhan pelanggan. Apabila tidak, maka pelanggan pun tidak segan beralih ke lain hati.

Dari beberapa daftar fitur yang dijelaskan tadi, mana yang akan kamu gunakan? Berikan alasan atau bahkan hal pertama yang kamu rasakan ketika menggunakannya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.