Hati-Hati Dengan Power Bank Palsu, Begini Cara Membedakanya

0
18088

Tingginya aktifitas penggunaan  smartphone saat ini, membuat daya baterai dari sebuah smartphone cepat terkuras. Saat kamu menggunakan smartphone kesayangmu, tentunya tidak hanya kamu gunakan untuk melakukan panggilan atau mengirim sms saja. aktifitas seperti itu sekarang ini seperti jarang terjadi. Sebagian besar orang lebih menyukai membuka media sosialnya, mengecek email atau melakukan panggilan video juga bermain games.

Jangan heran jika daya baterai smartphonemu cepat berkurang, karena mungkin saja smartphone tersebut lebih banyak melakukan aktifitas yang membutuhkan jaringan internet, seperti bermain games tadi. Saat daya baterai berkurang, tentunya smartphone perlu di charge agar daya baterainya terisi kembali , namun jika keadaanya sedang dalam perjalanan jauh, maka tidak mungkin untuk mengisi dayanya menggunakan USB charge melalui stop kontak , kamu memerlukan sebuah Power Bank  untuk membantu mengisi kembali daya baterainya.

5600mAh-Portable-Gadget-power-bank-Brand-Powerbank-external-backup-Power-Supply-battery-Power-charger-for-cell

 

Keberadaan Power Bank ini sepertinya bukan hal yang baru lagi untuk para pengguna smartphone, karena PB ini sangat bermanfaat terutama untuk mengisi daya baterai tanpa harus melakukan charge dengan USB Charging melalui stop kontak. Tidak sulit mendapatkan PB , karena PB tersedia di toko aksesoris handphone atau di pusat elektronik sekalipun. Yang menarik dari keberadaan Power Bank adalah dayanya yang bervariasi. Bahkan kini, kamu bisa menemukan daya Power Bank yang mencapai 100.000 mAh. Bisa dibayangkan seperti apa PB dengan daya tersebut.

Bagi kamu yang sering menggunakan Power Bank atau berencana akan menggunakanya, sebaiknya perlu memilih PB yang berkualitas. Belakangan ini, semakin banyak saja PB yang daya nya besar, namun harganya murah.  Harga murah memang cukup bersahabat untuk sebagian orang yang mungkin memiliki budget terbatas, namun kamu harus tahu bahwa harga sebuah PB yang murah, biasanya kurang memperhatikan kualitasnya atau bisa dibilang itu adalah Power Bank palsu.

Bagaimana Cara Membedakan Power Bank yang asli atau palsu kamu bisa temukan dari uraian di bawah ini:

Power Bank Yang Bagus adalah yang mereknya sudah terkenal di luar negeri

romoss-solo-2-power-bank-4000-mah-ph20-401-white-

Mungkin kamu pernah mendengar Power Bank dari Eropa dengan merek Romoss, PB tersebut adalah PB Best seller Eropa karena memang kualitasnya bagus. Saat masuk ke pasaran Indonesia, mungkin orang kita akan merasa asing dengan merek tersebut, padahal merek ini memang bagus dan harganya juga cukup tinggi. Selain merek ini, Power Bank dengan merek Samsung juga memiliki kualitas bagus, namun pastikan bahwa PB tersebut original Samsung, karena ada juga ,merek PB Samsung yang beredar di pasaran, namun ternyata palsu.

Kabel Power Bank Harus Menggunakan USB

Kamu pastikan bahwa PB yang asli harus menggunakan kabel USB.  Usahakan jangan menggunakan kabel sambungan dengan konektor banyak , kabel jenis tersebut biasanya mudah rusak begitu juga dengan konektornya. Lakukan charge hanya dengan kabel original dari gadgetnya sendiri.

Pastikan Harga dan Kapasitas Masuk Akal

Ini adalah salah satu hal yang penting yang perlu pengguna ketahui, sebelum membeli power bank, bahwa harga PB yang dibeli harus sesuai dengan kapasitasnya. Misalnya kamu ditawari PB oleh penjual dengan kapasitas 20.000 mAh, tapi harganya hanya 90rb. Sebagai pembanding, harga power bank Samsung original yang berdaya 10.000 mAh saja bisa mencapai 400rb.

hqdefault

 

Pastikan Baterai Yang Digunakan juga Berkualitas

Tidak hanya tampilan luar dan fungsi Power Bank nya saja yang mampu menambah daya baterai gadget kita, namun kita perlu memastikan baterai yang terdapat pada PB tersebut juga berkualitas baik. Sebagai contoh PB dengan merek Doca yang menggunakan baterai grade A Cell, kualitasnya bagus, harganya juga tidak terlalu tinggi. Selain itu ada juga merek Romoss tipe Solo yang juga menggunakan baterai Grade A Cell yang berkualitas baik.

Pastikan Power Bank tersebut Berat dan Tidak Ringan

Power Bank yang berat, itu berarti kapasitasnya besar. Jika kapasitasnya besar, berarti baterai yang digunakan juga dayanya besar dengan ukuran yang juga tidak kecil. Bisa disimpulkan bahwa berat PB tersebut tentunya tidak ringan. PB yang beratnya ringan, cenderung kurang baik kualitasnya.

Tips Untuk Pemula Yang Ingin Menggunakan Power Bank

  1. Sebagai informasi, bahwa Power Bank yang beredar di pasaran Indonesia saat ini umumnya berdaya 2.000 – 10.000 mAh. Semakin tinggi kapasitasnya, akan semakin besar ukuran fisik dari Power Bank tersebut . ukuran PB yang mungkin paling besar dan sudah mulai dijual di pasaran adalah yang dayanya 20.000 mAh. Pastikan harga, kapasitas nya juga sesuai.
  1. Jangan percaya jika kamu ditawari Power Bank berkapasitas 20.000 mAh, namun harganya murah. Apalagi jika ada PB berkapasitas 100.000 mAh, namun harganya sangat murah, karena bisa dipastikan itu adalah PB palsu.
  1. Jika memang kamu membeli Power Bank berkapasitas 20.000 mAh, setidaknya harus mampu melakukan pengisian ulang sebuah gadget, katakanlah iPhone 6S, sebanyak 10 kali pengisian. Jadi jika hanya mampu melakukan pengisian 4 kali saja, maka bisa dipastikan itu PB palsu.
  1. Bacalah banyak review dan referensi mengenai Power Bank yang berkualitas baik, agar nantinya tidak akan terjadi masalah pada gadget kesayanganmu.

 

Jika kamu senang berbelanja online, pasti kamu akan disuguhkan berbagai jenis Power Bank dengan merek tertentu dan harga yang bervariasi pula. Ketahuilah bahwa toko online sekalipun bisa saja menjual PB yang kualitasnya kurang baik, jadi kembali lagi kepada kamu sendiri, jika membutuhkan Power Bank dengan kualitas yang baik namun budget terbatas, sebaiknya memilih kapasitas Power Bank yang sesuai kebutuhan saja.  

 

 

Comments

Comments are closed.