Ini Dia Superkapasitor Masa Depan, Tahan Lama Hingga Satu Minggu Tanpa Charging

0
341

Apakah Kamu pernah mendengar mengenai Kapasitor dan Baterai? bila dilihat dari keadaan fisiknya, Baterai dan kapasitor memiliki persamaan bentuk, namun sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Kapasitor memiliki fungsi yang jauh lebih besar dan sangat bermanfaat sebagai penyimpan Energi listrik yang Efisien dibandingkan Baterai.

kapasitor

Adapun Penggunaan Baterai di berbagai alat elektronik adalah suatu kesatuan yang penting. Setiap produk elektronik membutuhkan energy tertentu untuk dapat bergerak, berpindah, dan juga melakukan fungsinya.

Salah satunya pada produk elektronik smartphone yang saat ini sudah menggunakan daya baterai yang maksimal hingga 5.000 mAh.  Selain itu, Laptop, jam tangan dan gadget lainya milik kamu, membutuhkan baterai sebagai nyawanya. namun,jenis baterai yang digunakan tentunya berbeda.

mungkin kamu pernah mengganti baterai Remote Televisi yang berisi dua buah baterai bukan? baterai tersebut adalah Baterai primer dengan jenis Heavy Duty yang merupakan jenis baterai paling murah. Dayanya tidak dapat diisi ulang, ketika daya habis, kamu harus segera menggantinya.

baterai

Bagi kamu yang menggunakan smartphone saat ini, pasti kamu juga tahu jenis baterai apa yang digunakan oleh smartphone tersebut. kebanyakan baterai smarthphone menggunakan jenis baterai Li Ion (lithium ion) yang merupakan baterai terobosan terbaru yang bersifat rechargeable. Berat baterainya lebih ringan 30% dari kapasitasnya yang besar.

 

Teknologi Superkapasitor, Mampu Bertahan Hingga 1 Minggu  

Mengutip dari www.engadget.com  Kabarnya para peneliti dari University Of Central Florida, Amerika,  telah berhasil menemukan teknologi penyimpan energi yang canggih. mereka menyebutnya sebagai Superkapasitor.

Superkapasitor yang terdapat dalam teknologi canggih ini dapat digunakan untuk membuat b yang ternyata hanya membutuhkan waktu charging dalam itungan detik saja. selain itu keunggulan baterai berteknologi canggih ini juga tahan lama dan  bisa digunakan  hingga satu minggu.

Kabar baiknya, Superkapasitor yang berhasil dibuat ini memiliki ukuran kecil, tidak seperti baterai lain pada umumnya. Walaupun berukuran kecil dan tidak lebih dari besarnya kuku jari serta tipis dan flexible, Superkapasitor ini memiliki kemampuan untuk menyimpan energy dalam jumlah yang banyak.

 

Desain Baterai

Pada umumnya, baterai yang pernah kamu lihat di beberapa barang elektronik seperti pada smartphone atau kamera digital, ukuranya cukup besar walaupun tidak terlalu tebal. Namun, untuk baterai Superkapasitor terbaru ini, desain yang ditampilkan sengaja dibuat mungil yang dapat digunakan pada perangkat yang berukuran kecil.

Kemudian, daya tahan baterai superkapasitor ini tentunya sangat maksimal. kabarnya, baterai ini memiliki ketahanan hingga 30 ribu kali pengisian, dibandingkan baterai Litium yang setelah 1500 kali pengisian, dayanya akan berkurang. Seorang professor berkebangsaan India, Niti Choudary mengatakan bahwa ketahanan superkapasitor ini bisa tahan hingga satu minggu.

Sayangnya, keberadaan baterai canggih Superkapasitor ini belum bisa kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Sepertinya kecanggihanya masih perlu dibuktikan dengan beberapa kali percobaan. Untuk mendapatkan Baterai superkapasitor terbaik, tentunya banyak membutuhkan pengujian. simak ulasan baterai tersebut pada Video dibawah ini:

Desainya yang kecil serta kinerjanya yang maksimal, terutama dalam daya baterai dan ketahananya, sepertinya akan membuat baterai Superkapasitor ini menjadi “populer” di masa depan kelak, ketika baterai ini resmi diluncurkan dalam beberapa produk elektronik kita. barang elektronik yang berukuran kecil seperti smartphone  dan Tablet sepertinya akan mendapat tempat pertama untuk penerapan Baterai jenis Superkapasitor ini.

 

 

Comments

Comments are closed.