Teknologi itu memang selalu menarik untuk diperbincangkan ya, selain dipercaya bisa membawa dampak yang baik untuk kehidupan manusia, teknologi juga membawa perubahan pada tiap penggunanya. Sebagai orang yang hidup di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, pernah tidak kamu terfikirkan siapa saja yang bisa menerima adanya teknologi itu dengan baik? Mungkin kita yang hidup di zaman sekarang, merasa bahwa menggunakan teknologi itu sangat mudah, tapi bagaimana dengan orang yang masih asing terhadap teknologi? Seperti orang tua kita, atau bahkan kakek dan nenek kita.

Kadang saya juga berfikir, apakah orang tua kita dan orang tua lainya yang masih asing dengan teknologi, memang membutuhkan teknologi juga? Bagaimana mereka harus menjalani hidup di zaman modern seperti sekarang ini, dengan tanpa mengetahui sedikit banyaknya tentang penggunaan teknologi. Mungkin menggunakan facebook, Instagram, Path, dan lain sebagainya, buat kita adalah hal yang asik, sementara buat orang tua kita, mereka tidak tahu apa-apa, terkadang mereka mengira, setiap hari kita menggunakan smartphone atau gadget kita adalah untuk bermalas-malasan, sehingga sebagian orang tua terkadang merasa jengkel dan membuat komunikasi kita dengan mereka kurang baik.

Dikutip dari situs epicbeat.epictions.com saya menemukan sebuah sebuah video yang berkaitan dengan hal yang saya bahas tadi, video ini diunggah di Youtube oleh seorang Youtuber  berkebangsaan India yang bernama Lily Singh. Video ini sudah ditonton oleh 3 jutaan lebih orang lewat youtube.  Jumlah Like pada Video ini lebih banyak daripada jumlah Unlikenya. Itu berarti video ini punya content yang bagus, dan cerita dalam video ini sering terjadi di kehidupan kita.

Video ini menceritakan bahwa Lily lupa membawa file penting yang sudah ia buat di laptopnya, tapi Laptopnya tertinggal di rumah, sementara Lily harus secepatnya mendapatkan file tersebut. Akhirnya ia minta bantuan ibunya yang sedang berada di rumah, untuk mengirimkan file tersebut ke email miliknya. Awalnya ibu Lily tidak ingin repot dengan urusan anaknya itu, tapi karena Lily memaksa, akhirnya ibu nya menuruti apa yang dia mau.

Berikut video yang berjudul “When Parent Use Technology” yang diunggah oleh seorang Youtuber bernama Lily Singh dengan nama akun Superwoman:

 

Adegan menarik dari video yang berdurasi 8 menit 14 detik ini, adalah di saat ibunya mencoba untuk mengirimkan file yang diperlukan melalui Google Chrome dan mengirim email dengan Gmail. Ibunya banyak bertanya pada Lily tentang berapa banyak jumlah Klik yang harus dipakai untuk mengirim email itu, bagaimana cara menemukan file yang lily simpan di Laptopnya dan lain-lain. Ibu Lily ternyata lebih mudah mengerti tentang cara menggunakan teknologi semacam ini, dibandingkan ayahnya yang sama sekali tidak mengerti adanya teknologi semacam ini.

Kejadian yang digambarkan seperti dalam video Lily Singh itu, sebenarnya sering terjadi di kehidupan sehari-hari kita.  Misalnya saat tiba-tiba handphone kita tertinggal di rumah, sementara kita pergi dan tidak ingat menyimpan handphone kita dimana, kemudian ada panggilan penting, karena orang tua tidak tahu cara menggunakanya, akhirnya panggilan telepon itu diputuskan. panggilan telepon itu tidak bisa terulang lagi. Dan masih banyak lagi hal semacam ini yang biasanya terjadi diantara kita dan orang tua kita.

Video tersebut juga mengajarkan, bagaimana cara untuk membuat orang tua kita mengerti sedikit banyak tentang teknologi. Salah satu caranya ya, kita sebagai orang modern yang sudah kenal dengan berbagai  macam cara menggunakan teknologi, mengajarkan mereka untuk tahu soal teknologi. Jika diajarkan mereka akan dapat menggunakanya dengan baik, walau butuh waktu dan kesabaran untuk mengajarkanya. Hal itu lebih baik, untuk menjaga komunikasi kita dengan kedua orang tua kita, bukan?

So, Lets share about technology with our parent, jangan lupa juga untuk share artikel ini ya. Semoga bermanfaat.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.