Untuk kamu para penggemar gadget yang setia pada Android, apa kamu masih ingat sudah berapa jenis OS Android yang diluncurkan sejak awal kemunculanya hingga sekarang ini? Mungkin ada yang masih ingat dan ada juga yang lupa. Hal itu bukan masalah besar, karena teknologi akan semakin berkembang, sehingga update terbaru adalah cara yang tepat untuk selalu up to date dalam hal teknologi.

Pertama kali menggunakan smartphone yang memiliki OS Android, saya menggunakan smartphone dengan OS ICS (Ice Cream Sandwich). Apa pengaruhnya terhadap smartphone itu sendiri, pastinya tampilan smartphone saya lebih bagus, dan banyak aplikasi yang bisa digunakan pada smartphone saya itu. Tidak lama setelah menggunakan smartphone ini, ternyata sudah bermunculan smartphone lain, dengan OS Android yang lebih baru, yaitu android Kitkat, kemudian yang terakhir sebelum munculnya android 6.0, yaitu Android Lolipop.

Namanya teknologi, semakin menuju masa depan, teknologi akan semakin berkembang dan semakin canggih saja, untuk Android versi terbaru yang akan dibahas pada artikel ini, merupakan versi Android yang akan banyak ditemukan pada smartphone yang dilaunching di di tahun 2016 ini. Android versi 6.0 ini diberi nama Android Marshmallow. Kabar ini telah diresmikan oleh pihak Google lewat twitter @Android.

Sebelumnya, nama untuk OS Android ini masih belum dipastikan, sehingga banyak orang yang mengira-ngira nama untuk OS Android baru ini. Ada yang menyebutnya dengan Android Martabak, Android Milkshake dan lain sebagainya, nah, sekarang kita tidak perlu mengira-ngira lagi nama OS Android terbaru yang sudah pasti namanya Marshmallow.

Apa saja keunggulan yang dimiliki OS Android terbaru ini, berikut point-point mengenai keunggulanya yang dikutip dari TechinAsia :

1. OS Android Marshmallow hanya tersedia pada smartphone terbaru saat ini

Saat ini memang belum ada informasi dari dunia gadget, yang sudah resmi menggunakan Android marshmallow ini, namun smartphone dari beberapa vendor terkenal seperti Samsung dan Sony sudah menginformasikan bahwa seri OS smartphonenya dapat diupgrade menjadi OS Android Marshmallow.

2. Dapat menjalankan fungsi perintah suara dengan baik

Android terbaru ini dapat menjalankan fungsi perintah suara dengan baik dan fungsional. Kamu akan bisa mengakses berbagai macam aplikasi di smartphone kamu ,hanya dengan perintah suara kamu. Aplikasi program interface yang memungkinkan hal ini bisa digunakan pada smartphone dengan OS terbaru ini.

3. Ketahanan baterai

Jenis OS Android pada smartphone ternyata juga berpengaruh terhadap daya tahan baterai yang terdapat pada sebuah smartphone. Untuk OS terbaru ini, Google menyatakan bahwa akan terjadi penghematan daya baterai hingga 2 kali lipat, dengan fitur Doze. Fitur ini, akan memungkinkan penghematan baterai, bahkan saat kamu tidak sedang menggunakan smartphonenya.

4. Sistem Charging yang lebih cepat (quick charging)

Sudah dikatakan sebelumnya, kalo OS Android Marshmallow ini hanya terdapat pada smartphone keluaran terbaru tahun 2016 ke depan, pastinya dalam hal charging akan berhubungan dengan jenis USB yang terdapat pada smartphone itu. Android terbaru ini cocok dengan smartphone yang menggunakan USB tipe C. pihak google menyatakan charge dengan USB C ini akan lebih cepat 3 hingga 5 kali dibanding memakai USB versi lama.

5. Penggunaan Android Pay lebih mudah

Fitur ini merupakan fitur terbaru dari Android yang akan mempermudah system pembayaran kita dimana saja, hampir mirip dengan Samsung Pay. Belum dapat dipastikan seperti apa detail Android pay ini, tapi fitur ini juga bisa digunakan pada smartphone lama, yang menggunakan OS Android Kitkat ke atas, asalkan memiliki sensor NFC pada smartphonenya.

6. Ramah memori

Adanya Android Marshmallow ini juga akan bersifat ramah memori, maksutnya penggunaan memori dengan RAM 2 GB keatas, akan semakin membuat smartphone kita lancar jaya, didukung dengan aplikasi memori manager tentunya.

untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Android Marshmallow ini, kita tunggu saja peluncuran Smartphone yang OS nya sudah menggunakan Android versi 6.0 ini, tanpa harus upgrade Android terlebih dulu.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.