Mau Buka Inbox Facebook, Malah Masuk Ke Play Store?

0
558

Facebook rupanya masih menjadi salah satu media sosial yang dianggap paling mudah digunakan. Tidak hanya untuk share tentang keseharian kamu lewat sosial media, tapi Facebook juga sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi langsung lewat beberapa fitur baru yang selalu di upgrade oleh Facebook. Kegiatan yang bisa dilakukan lewat Facebook juga bukan hanya sekedar update status, tapi kita juga bisa menshare live video, mengatur Facebook Page untuk komunitas atau usaha, serta bisa mengirim pesan, melakukan panggilan suara secara langsung ke teman facebook kita, maupun secara grup calling.

Beberapa tahun yang lalu, salah satu fitur baru dari facebook yang disebut Facebook Messenger cukup digemari karena di upgrade dengan lebih menarik. Mulai dari adanya stiker emoticon dan stiker unik lainya, hingga akhirnya bisa mengirim file berupa gambar atau pun jenis file lain seperti GIF dengan mudah. Awalnya Facebook Mesengger ini bersatu dengan aplikasi Facebooknya, sehingga pengguna Android atau iOS dapat membuka messenger ini sekaligus saat membuka Facebook. Namun, kemudian Facebook Messenger ini dibuat terpisah dalam bentuk aplikasi yang berdiri sendiri yang sering disebut Messenger.

Belum lama ini ada kabar mengenai aplikasi messenger  yang  dikabarkan kurang aman, hal tersebut terjadi karena seorang peretas menyatakan bahwa pesan yang dikirim secara pribadi melalui messenger dapat dilihat oleh siapa saja melalui tautan percakapan. Walaupun tidak semudah itu orang lain dapat melihat percakapan tersebut karena harus menggunakan skrip kode khusus, namun tetap saja termasuk mudah untuk dibaca orang lain melalui sebuah aplikasi. Selain itu, rupanya pihak penegak hukum dengan perusahaan teknologi itu sendiri ingin memiliki privacy yang aman.

Karena masalah tersebut, rupanya facebook berbenah diri dan mulai menambahkan fitur baru lagi untuk Messenger miliknya. Beberapa fitur baru tersebut nantinya akan benar-benar menjaga kerahasiaan dari pengguna messenger tersebut. fitur yang disematkan adalah enkripsi end-to-end dan juga self destruct yang memungkinkan pesan bisa menghilang sendiri. kedua fitur canggih ini dipercaya dapat menjaga kerasahasiaan para pengguna pesan instant tersebut.

Telegram-6
Jenis Enkripsi Pada Salah Satu Aplikasi Pesan Instant

Fitur seperti ini sebenarnya sudah lebih dulu digunakan dan diterapkan oleh aplikasi instant messege lain seperti Whatsaap. Cara kerjanya adalah pesan-pesan yang dikirim dan diterima oleh kamu, para pengguna aplikasi messenger tersebut, akan tersimpan di perangkat pengirim dan penerima, bukan di server messenger. Bukan hanya peretas dan orang tertentu yang tidak bisa membaca pesan tersebut, pihak Facebook sendiri juga tidak akan bisa mengintip pesan yang dikirim lewat Messenger. Ini adalah kelebihan dari enkripsi end-to-end.

Whatsapp-End-To-End-Encryption-Sistem-Keamanan-Enkripsi-Pesan-Terbaik
Enkripsi Pada Whatsaap

Sementara untuk kelebihan fitur self destruct message nantinya pesan-pesan yang dikirim dan diterima oleh pengguna ini akan diatur agar bisa menghilang secara otomatis dalam jangka waktu tertentu yang sesuai keinginan penggunanya. Waktu pengaturan tersebut dimulai dari 5 detik hingga 24 jam. Kamu tinggal mengatur saja, perlu berapa lama untuk menyimpan pesan yang telah kamu kirim dan terima. Kedua fitur ini kabarnya akan segera ditambahkan pada aplikasi messenger dalam waktu dekat.

Tidak sampai disitu saja, rupanya Facebook ingin menjadikan aplikasi messenger ini sebagai sebuah aplikasi pesan instant yang lengkap dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Tidak hanya dari segi keamanan, namun juga dari segi kecanggihan dan manfaatnya untuk para pengguna, Facebook telah menyiapkan hal tersebut dengan cukup sempurna.  Setelah fitur keamanan diatas, kabarnya facebook juga  menambahkan fitur baru yaitu fitur Insant article.

lead_960
Instant Artikel

Salah satu kegiatan yang sering orang lakukan saat berselancar di dunia maya saat ini adalah membaca artikel berita. Mereka akan sangat suka jika bisa membaca artikel yang lengkap dan terbaru dengan tanpa mengalami loading saat membukanya. Fitur instant article dari facebook ini rupanya bisa memunculkan sisi membuka artikel dengan cepat  lewat sebuah Link. Kamu tinggal mencari icon yang bergambar “petir” dalam aplikasi messengermu, lalu artikel akan segera terbuka dan siap kamu baca, tanpa harus keluar dulu dari aplikasi messengermu.

Sepertinya, aplikasi Messenger ini memang akan menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang lengkap dengan berbagai fitur menarik dan canggih tentunya. Mungkin kedepanya fitu-  fitur baru masih akan ditambahkan lagi. Jadi, kamu tidak usah bingung saat ingin membuka inbox facebook di facebook milikmu, tapi kamu malah diarahkan ke Playstore untuk mendownload messenger, karena pesan masuk di facebookmu kini ada di aplikasi messenger yang merupakan aplikasi tunggal yang sama hal nya seperti whatsaap, Telegram dan aplikasi pesan instant lainya.

 

Comments

Comments are closed.