SUMPAH! Ini Lemooot bangeet. Anj*****r..

Jangan maklum dengan android lemot. Hal ini biasanya dialami oleh android yang sudah lama dipakai. Kalau masih baru mah pasti super cuepat. Kamu gak bakal ngira kalau android kesayanganmu ini bakalan jadi super lemot katak gini. Eiittss, jangan buru-buru dijual. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Instal aplikasi yang penting saja


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Ini dia penyakit yang sering dialami oleh para pengguna android. Karena tergoda dengan fitur-fitur yang disediakan, malah sembarangan saat menginstalnya. Ini sudah menjadi hal yang biasa, namun bila kamu lanjutkan, maka tidak heran androidmu jadi super lemot. Seakin banyak aplikasi yang masuk di androidmu, maka semakin banyak kapasitas dan konsumsi RAM yang digunakan. Nah, ini akan menyebabkan android akan menjadi lemot. Oleh sebab itu, langkah paling sederhana agar android tidak lemot yaitu tidak sembarangan menginstal aplikasi.

Hindari multitasking


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Bila ternyata androidmu terlalu mampu melakukan multitasking, maka ada baiknya kamu tidak sering menggunakan banyak aplikasi sekaligus. Meski ini agak sedikit mengganggu, faktanya kebanyakan orang memang tidak begitu perlu membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan akan berakibat buruk bagi sistem android. Yaitu, android jadi panas. Dan, akan berpengaruh pada performa secara keseluruhan.

Biarkan tenang saat pengisian baterai


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Sangat sulit dilakukan. Pada awalnya memang bisa melakukannya, namun bila sudah berjalan beberapa waktu. Maka, hal ini akan dilupakan. Tidak memakai android saat di-cas merupakan peraturan dasar yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua pengguna. Namun, karena terlalu nyaman menggunakannya, hal ini tidak dihiraukan lagi. Hindari menggunakan android saat dalam proses pengisian baterai. Biarkan baterai terisi penuh, lalu gunakan. Bila kamu memaksa untuk menggunakannya, maka jangan heran bila suatu saat baterai androidmu akan ngedrop.

Pasang eksternal storage sesuai kapasitas


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Besar ya memang besar. Tapi, kalau itu tidak sesuai kapasitas sebaiknya kamu tak harus memaksakannya. Agar androidmu tidak lemot, hindari memasang memori eksternal melebihi kapasitas. Meski tampaknya mampu menampung, androidmu akan terbebani. Oleh sebab itu, pastikan memori yang kamu pasang sesuai dengan kemampuan. Misalnya, bila hanya mampu 4GB, maka gunakan saja memori 4 GB.

Masukkan file yang memang di-support


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Memasukkan file yang tidak support dengan sistem operasi android, malah akan memberatkan. Misalnya, bila androidmu hanya bisa membaca video 3gp, maka usahakan tidak menggunakan file vieo dnegan format yang lain. Misalnya, support file 3gp, namun kamu memasukkan video berformat FLV. Apabila kamu nekad melakukan hal ini, bisa dipastikan androidmu akan lemot total.

Setting ulang bila android second di tangan


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Atur seperti pengaturan pabrikan. Nah, ini dia yang sudah sepatutnya kamu lakukan bila kamu membeli android bekas. Kamu pun pasti tahu kalau android bekas sangat rawan mengalami gangguan. Salah satunya karena berbagai pengaturan yang dipakai malah membuat androidmu lemot dan terganggu. Membeli android bekas bisa jadi pilihan yang cukup ekonomis. Namun, sebelum membawanya pulang, lakukan pengaturan ulang. Tujuannya, agar kamu bisa menikmati “rasa” android baru.

Waspada pada Virus saat menyambungkannya


Panduan Agar Androidmu Super Cepat dan Tidak Lemot

Waspada pada virus. Virus digital terbukti lebih “merusak” dibanding dengan virus pada manusia. Berhati-hatilah bila kamu menyambungkan androidmu pada perangkat lain. Seperti laptop atau PC computer. sebelum menyambungkannya, pastikan laptop atau pc milikmu tidak terdapat virus. Hal ini dikarenakan karena virus akan cepat merambat ke android. Dan, proses mengambil atau memindahkan data dari android ke laptop yang berkemungkinan besar membuat androidmu terkena virus. Bila ingin memindahkan data, maka gunakan card reader. Hindari menggunakan kabel data. Cara ini lebih aman. Bila pun terkena virus, maka memori card saja terinveksi.

Androidmu masih lemot?? Coba berikan penjelasan sejak kapan android milikmu menjadi lemot? apakah sudah sejak lama atau baru-baru ini?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.