Setelah ribet mengenai nama, kali ini Android 7.0 N sudah bisa anda coba di smartphone. Bernama Nougat, versi Android terbaru ini cukup diminati oleh berbagai pengguna smartphone bahkan tablet. Meski begitu, tata cara download dan menginstalnya pun tergolong masih sulit.

Bagi anda yang familiar mengoprek smartphone pastilah ini sudah biasa. Sayangnya, tidak semua kalangan yang tertarik dengan Android 7.0 Nterbiasa mengoprek smartphone. Sehingga, panduan Download dan Instal Android 7.0 N sangat dibutuhkan.

Apabila anda sudah menyimak laman techradar, maka anda sudah tepat. Untuk lebih jelas terkait Android 7.0 N, anda bisa menyimak video ini:

Terlebih dulu silahkan anda mendaftar di Android beta. Di sana, anda cukup mendaftar dengan menggunakan akun gmail anda. Selain bisa mengakses file Android 7.0 N, anda pun bisa menginstalnya pada smarphone kesayangan.

Sayangnya, bagi anda yang ingin mencoba versi Android terbaru ini, maka anda harus menyediakan smartphone Google Nexus device atau Sony Xperia Z3. Keduanya memiliki compatibilty yang cukup untuk merasakan Android 7.0 N. meski masih Beta, anda pasti akan mendapat pengalaman mengesankan.

Persiapan Instal

Panduan Lengkap Download dan Instal Android 7.0 Nougat

Pastikan anda melakukan backup data sebelum mulai menginstal Android 7.0 N. Pada sampel kali ini, upgrade Android dilakukan pada smarphone Xperia Z3. Backup data merupakan cara paling ampuh guna mengembalikan data smartphone anda.

Hal ini sebagai salah satu bentuk antisipasi apabila proses instalasi mengalami kegagalan. Anda tidak perlu bingung dan panik. Cukup kembalikan data sebelumnya. Dan, smartphone anda pun bisa kembali digunakan. Step ini biasa disebut repair program. Biasanya dipilih apabila program yang dimasukkan tidak support, rusak, atau bahkan tidak pas pada sebuah smartphone.

Instal Plugin

Panduan Lengkap Download dan Instal Android 7.0 Nougat

Awalnya, anda harus menginstal plugin sesuai smartphone yang anda gunakan. Pada sampel ini, plugin yang digunakan yaitu Sony Xperia device karena smartphone yang digunakan yaitu Xperia Z3. Ini pun berlaku bagi beberapa smartphone Nexus.

Program ini berfungsi membantu anda mentransfer file. Dan, menghubungkan antara smartphone dan sekaligus pc yang anda gunakan. Sehingga ketika anda mentransfer file Android 7.0 N akan sangat mudah dilakukan.

Hubungkan Smartphone

Panduan Lengkap Download dan Instal Android 7.0 Nougat

Apabila sudah selesai mendownload dan menginstal plugin sesuai dengan smartphone anda, langkah berikutnya yaitu menghubungkan smartphone. Anda hanya cukup mencolokkan kabel usb ke komputer dan menghubungkannya dengan smartphone anda.

Secara otomatis, apabila proses normal, maka smartphone dan komputer akan terhubung. Anda akan mendapati tampilan yang menunjukkan bahwasanya smartphone anda sudah terhubung. Selain itu, anda akan disajikan display yang memaparkan apa saja koneksi yang telah berhasil dilakukan.

Download dan install Android 7.0 Nougat

Panduan Lengkap Download dan Instal Android 7.0 Nougat

Nah, ini tahap yang krusial. Guna mendapatkan file yang benar dan tidak sembarang file, silahkan anda download file langsung pada laman resmi google. Silahkan login ke laman Android beta . Di sana, anda diharuskan memasukkan email dan password gmail anda.

Selanjutnya, silahkan anda piliha smartphone mana yang sesuai. Pada sampel ini, jenis smartphone yang digunakan yaitu Xperia Z3. Selanjutnya, anda hanya cukup mengikuti instruksi yang ada. Pastikan koneksi antara smartphone dengan komputer anda tidak terganggu.

Selain itu, koneksi pun harus tetap stabil. Apabila tidak, maka proses upgrade akan setengah jadi. Dan, ini akan berdampak negatif pada smartphone anda. Selain kesiapan device, koneksi internet pun nyatanya berpengaruh besar pada keberhasilan proses ini.

Kembalikan

Panduan Lengkap Download dan Instal Android 7.0 Nougat

Apabila anda merasa ada sesuatu yang janggal terjadi, maka anda bisa melakukan repair program. Anda bisa menemukan pilihan ini pada plugin di komputer anda. Karena bersifat beta, maka tidak menutup kemungkinan masih banyak hal yang kurang pas.

Oleh sebab itu, apabila anda menemukan sesuatu yang negatif pda smartphone anda, maka anda cukup merepairnya. Nah, inilah salah satu fungsi utama anda harus selalu melakukan backup pada smartphone sebelum upgrade program.

Sebaliknya, apabila ternyata anda mendapati pengalaman yang memuaskan, maka anda bisa tetap menggunakan smartphone yang telah anda upgrade tersebut. Apabila memang memuaskan, jangan lupa mendorong setiap kenalan anda untuk upgrade sistem Androidnya. Dengan catatan, smarphone yang digunakan memang compitible.

Comments

Comments are closed.