Saat ini, menjadi Youtuber tak lagi dipandangan sebelah mata. Sudah banyak yang membuktikan. Bermain Youtube ternyata mampu menghasilkan puluhan ribu dolar. Alhasil, tak heran apabila kebanyakan anak muda sangat gandrung dengan namanya Vlog atau Video Blog. Kalau dulu nge-trend dengan namanya Blog, saat ini sedang gandrung dengan Vlog.

Menekuni pekerjaan sebagai Youtuber memang awalnya tak mengenakkan. Tidak tahu apakah apa yang dilakukan ini akan menghasilkan. Bermodal keyakinan, berharap apa yang dilakukan berbuah penghasilan. Sayangnya, tidak semua orang mampu konsisten membangun karir sebagai Youtuber. Kebanyakan, menyerah di tengah jalan.

Beberapa Youtuber pemula menyerah bukan tanpa alasan. Selain membutuhkan usaha dan waktu yang tak sedikit, menjadi Youtuber bisa membuat siapa saja lupa akan hidupnya. Apabila anda sudah terjun sebagai Youtuber, maka anda pun tak segan menghabiskan banyak dana atau bahkan waktu guna membuat sebuah video. Sayangnya, menjadi Youtuber tak semudah yang dibayangkan.

Dirinya harus konsisten dan membuat konten yang sesuai dengan selera pasar. Atau, bila membuat video baru yang unik, maka dirinya harus rela tak dilihat oleh penonton. Video yang super unik terkadang dianggap sebagai video yang aneh. Oleh sebab itu, apabila ada Youtuber dengan konten yang “terlalu” unik, maka viewer-nya pun akan sedikit. Lalu, bagaimana caranya membuat video yang menarik dan mudah disukai penonton?

Mulai Dari Yang Disukai

Panduan Lengkap Sukses Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, menjadi Youtuber tidaklah mudah. Bukan masalah editing video, namun konsistensi dan ide yang harus terus mengalir. Selain itu, video yang unik, namun dieksekusi secara kurang apik, maka itu semua akan percuma. Lihat saja, Youtuber yang saat ini namanya sudah melalangbuana, dirinya membangun karir sebagai Youtuber sejak minimal 5 tahun yang lalu.

Melihat fakta yang sedemikian rupa, maka memulai karir sebagai Youtuber mau tak mau harus dari diri sendiri. Mulailah dari apa yang anda sukai. Hal ini akan banyak membantu anda. Khususnya, bila anda sedang merasa jenuh atau putus asa. Yang namanya Youtuber pasti menemukan masa dimana rasa jenuh menghinggapi diri.

Parahnya, putus asa pun memiliki peran yang lebih mematikan. Gegara putus asa, anda akan berhenti membuat video. Dampaknya, channel anda pun menjadi tak terupdate. Apabila anda bermula dari apa yang disukai, paling tidak anda bisa melawan dan menepis perasa jenuh apalagi putus asa. Karena anda sedang melakukan sesuatu yang anda sukai.

Buat jadi serial

Panduan Lengkap Sukses Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Sebisa mungkin, buatlah video dengan konsep serial. Ini bertujuan guna memancing rasa penasaran para penonton video anda. Apabila anda membuat video yang itu-itu saja, maka penonton akan merasa bosan. Pancing rasa penasaran penonton anda dengan teknik ini. Caranya ini sudah terbukti ampuh dan saat ini sangat sering digunakan oleh Vlogger tanah air atau bahkan luar negeri.

Anda bisa membuat video serial dengan berbagai cara. Salah satunya yang sering ditemui, yaitu dengan membagi-bagi video walkthrough berdurasi hitungan jam menjadi episode yang lebih pendek. Hal ini tentu tak pernah ada di benak anda. Padahal, apabila ini anda lakukan, maka anda memiliki stok video dan episode yang lebih banyak. Topik yang sama, namun diolah dengan cara yang berbeda, maka akan menghasilkan konten yang lebih “berasa”.

Menurut penelitian terbaru dari DEFY Media, generasi muda di era ini lebih suka mencari hiburan melalui internet. Dan, persentasenya pun lebih besar yang mencari hiburan melalui internet dibanding dengan saluran media tradisional lain, seperti radio atau bahkan televisi. Artinya, peluang keberhasilan anda bila mampu mengolah setiap video secara maksimal memiliki potensi kesuksesan yang tinggi.

Apa Yang Ada Di Benak

Panduan Lengkap Sukses Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Sebagai seorang Youtuber, anda pun harus berani mengungkapkan apa yang ada di kepala anda. Maksudnya, meski video anda memiliki topik dan efek editing yang sama dengan yang lain, namun anda tetap harus menjadi diri sendiri. Jangan sampai anda kehilangan karakter di setiap video buatan. Hal ini pun akan dirasakan oleh penonton.

Ketika anda mampu membuat video yang menarik dengan karakter yang “anda banget”, maka merekapun akan mudah mengidentifikasi anda. Cobalah belajar dari Youtuber yang sudah memiliki viewer cukup banyak. Kebanyakan mereka memiliki karakter yang khas mengenai videonya. Tidak asal merekam, editing, lalu posting. Secara tak langsung, apabila anda berani mengungkapkan diri anda, maka itu akan tercermin pada video hasil buatan.

Kebanyakan penonton Youtube pun sebenarnya tidak hanya ingin mendapat hiburan atau informasi mengenai suatu hal. Mereka pun terkadang ingin mendengar pendapat, komentar, atau bahkan analisis “unik” dari orang lain. Hiburan yang paling ditunggu oleh penonton bukan hanya mampu membuat mereka tertawa, namun juga mampu memuaskan rasa ingin tahunya terhadap sesuatu hal. Sesuatu yang berbeda dari biasanya memiliki daya tarik yang tinggi di mata penonton.

Menjadi Trendsetter

Panduan Lengkap Sukses Menjadi Youtuber Berpenghasilan Besar

Untuk yang satu ini lumayan agak sulit. Apalagi bagi anda yang masih baru di lingkungan Youtube. Menjadi trendsetter memang terlihat keren. Namun, itu tidaklah mudah. Anda harus mampu memoles diri sendiri sehingga patut sebagai acuan bagi penonton atau kebanyakan anak muda, pada umunya. Apalagi bila melihat kondisi saat ini. Anda bisa menemui berbagai channel Youtube dengan berbagai topik dan karakter sendiri-sendiri.

Syarat utama agar anda mampu menjadi trendsetter, yaitu dimulai dari konten original. Ketika anda berani menyajikan konten yang original, mulai dari topik hingga eksekusinya, ini akan mempermudah penonton mengidentifikasi diri anda. Ketika anda memberikan konten yang seperti demikian secara konsisten, maka lama kelamaan penonton pun akan terbius dengan video anda.

Langkah selanjutnya, mereka yang terbius takkan segan menyeritakannya kepada kawan atau bahkan lingkungan sosial medianya. Alhasil, bukan tidak mungkin apa yang anda pakai, gunakan, bahas, atau bahkan pikirkan diikuiti oleh mereka semua. Pada tahap ini, artinya konten video anda berhasil menjadi trendsetter meski skalanya masih sedikit.

Comments

Comments are closed.