Pilihanmu sudah benar. Bagi yang mau serius di dunia blogging, self hosted merupakan pilihan tepat.

Masih banyak blogger yang kebingungan, mau memilih blog hosted (blogspot.com) atau self hosted (wordpress.org)? Keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing. Dan hal itu tidak bisa terbantahkan. Kamu yang sudah mantab mau mencoba self hosted masih memiliki pekerjaan tambahan, yaitu memilih provider hosting yang berkualitas. Memang, harus diakui bahwa kualitas provider Indonesia masih jauh di bawah provider hosting di luar negeri. Namun, itu tidak 100% benar. Ada kok beberapa provider Indonesia yang memiliki kualitas yang bia diancungi jempol. Nah, dari beberapa provider itu, ada pula yang tidak berkualitas. Nah, kriteria seperti apa provider hosting yang berkualitas yaitu:

Bandingkan harga

Panduan Memilih Hosting Provider Bagi Blogger Pemula

Di mana-mana, harga selalu menjadi pertimbangan awal. Tidak semua paket hosting mahal memiliki kualitas yang powerfull. Dan sebaliknya. Tidak semua yang berharga “miring” memiliki kualitas di abwah standart. Semua tergantung bagaimana kamu mengevaluasinya. Teliti dengan seksama harga yang ditawarkan provider hosting. Apabila kamu perhatikan, biasanya ada pilihan paket-paket tertentu. Dan, dengan harga tertentu pula. Pilihan mana paket yang pas sesuai kebutuhanmu, lalu bandingkan dengan beberapa provider hosting lainnya. Ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui harga pasaran paket hosting yang akan kamu ambil. Akan lebih jelas lagi bila kamu mau bertanya kepada blogger lain. Tanyakan mengenai blog yang akan kamu buat dan berapa harga pasarannya.

Hitung kapasitas transfer data

Panduan Memilih Hosting Provider Bagi Blogger Pemula

Teliti apa yang kamu dapatkan. Ini merupakan cara kedua mengukur kualitas provider hosting. Jangan terburu-buru memutuskan menyewa hosting di hosting tertentu. Lihat terlebih dahulu berapa kapasitas transfer data yang diberikan. Periksa terlebih dahulu berapa banyak data yang dapat ditransfer kepada pengunjung blogmu. Biasanya dihitung perbulan. Contoh, 5 GB perbulan. Hal ini sudah sewajarnya dilakukan kok. Jadi, kamu tidak usaha malu menanyakan hal ini kepada provider hosting. Untuk lebih amannya, pastikan batas transfer yang kamu dapatkan cukup tinggi. Sehingga hosting yang kamu sewa dapat menampung semua data dari blogmu. Alhasil, pengunjung bisa menikmati seluruh konten yang ada di blogmu. Ada beberapa provider hosting yang menyediakan layanan upgrade kapasitas. So, tanyakan pula ke provider hosting.

Kapasitas storage yang diberikan

Panduan Memilih Hosting Provider Bagi Blogger Pemula

Semakin besar storage, maka semakin beragam dan banyak data blogmu yang bisa tertampung. Biasanya berapa besar storage yang kamu dapatkan sudah ada di dalam keterangan setiap paket hosting. Nah, kamu harus jeli-jeli. Jangan mudah terpercaya dengan tulisan-tulisan tersebut. Kadangkala kapasitas itu tiak 100% yang akan kamu dapatkan. Agar lebih pasti, tanyakan mengenai hal ini kepada beberapa blogger self hosted.

Saat memilih berapa kapasitas storage yang kamu dapatkan, pastikan itu sesuai kebutuhanmu. Dan, yang terpenting adalah kapasitas ruang penyimpanan cukup menampung file-file blogmu. Saat menentukan hal ini, sesuaikan dengan tipe blog yang akan kamu buat. Misal, blog berisi banyak gambar, foto, atau data-data lain. Ini sangat penting agar nantinya blogmu tidak lelet saat diakses oleh pengunjung blog. Pertimbangkan pula bahwa pengunjung blogmu pastinya akan berkembang seiring berjalannya waktu. selain itu, data-data dalam blogmu akan bertambah. So, kamu harus jeli menentukan hal ini. Nah, bila kamu hanya untuk blogging saja (setiap hari membuat satu postingan dengan satu gambar), maka storage sebesar 1GB sudah sangat cukup.

Kinerja stabil itu penting

Panduan Memilih Hosting Provider Bagi Blogger Pemula

Kamu tentu tidak ingin membuat kecewa. Benarkan kan? Bagaimana kalu kamu sudah sekeras dan sebaik mungkin membuat artikel, namun kinerja provider hosting tidak stabil dan terkesan tak terurus. Maka, suatu saat blogmu pun akan error di tengah jalan. Sayangnya, itu terjadi saat pengunjung datang ke blogmu. Maka, tampilan yang tidak sedap pun dilihatnya. Apa yang dilakukan pengunjung itu? Kabur? atau tetap bertahan? Kamu pasti sudah tahu jawabannya. So, lebih baik pilih provider yang benar-benar mampu menjaga kualitasnya.

Pastikan hosting yang diberikan dapat diandalkan. Kecepatanloading blog pun harus pula kamu perhitungkan. Jangan sampai blogmu memiliki respon yang lama. Ini biasanya akan terjadi bila kamu memilih provider yang kualitasnya tidak bagus. Nah, untuk lebih pastinya lihat dan cek review klien provider pilihanmu. Tes kecepatan blog-blog mereka menggunakan website seperti google test atau pingdom speed test. Atau, agar mendapatkan kejelasannya lagi, kamu bisa mencoba versi trial paket hosting yang akan kamu pilih.

Kinerja Service Support yang bisa diandalkan

Panduan Memilih Hosting Provider Bagi Blogger Pemula

Terakhir, pastikan kinerja service support cepat. Kenapa demikian? Bila kamu mengalami kendala, pastinya kamu berharap pihak providerlah yang akan membantumu. Dan, pertolongan secepatnya pun yang pasti kamu harapkan. Nah, oleh sebab itu pastikan semua ini ada pada provider pilihanmu.

Dari kelima hal tersebut, apakah ada yang masih kurang? Coba utarakan semuanya di kolom komentar di bawah ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.