Kamu pengguna iPhone. Eiitsss, jangan instal banyak aplikasi kalau cuma buat foto doang. Cukup gunakan program bawaan aja sih. Dikutip dari blog makemac.com berikut beberapa tips pengoptimalan penggunaan kamera di Iphone 5s

1. Settings Dulu Bro

Upscale-Settings-1024x979

Coba masuk Settings > Photos & Camera. Ada banyak lho pengaturan seputar aplikasi Photos dan penggunaan Camera di perangkat iPhone. Misalnya saja mode iCloud Photo Library, Photo Stream, iCloud Photo Sharing, Summarize Photos dan lainnya. Untuk mode Camera, ada 2 pengaturan.
• Grid: garis bantuan yang tampil ketika memotret.
• Mode Record Video.
Bila mau mengambil gambar bangunan, kamu wajib menggunakan mode Grid. Tujuannya untuk mencari garis tegak. Sedangkan pengaturan Record Video, kamu bisa memilih 2 ukuran resolusi yaitu 720p dan 1080p.

2. Mengenal Semua Fitur yang Ada

iPhone-5S-4

Ada berbagai fitur di app Camera. Yaitu, empat ikon di atas (dari kiri ke kanan) adalah Flash, HDR, Timer dan mengganti ke kamera depan. Bagian bawah ada Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Square dan Panorama. Ikon 3 titik di kanan bawah adalah Live Filter. Biasa digunakan untuk memberikan efek gambar dan melihat objek sebelum dijepret.

3. Fokus! Jangan nge-blur.

silver_iphone_5s_blue_iphone_5c_hero_back

iPhone 4s sudah dilengkapi dengan fitur deteksi wajah. Jadi kamu tidak perlu repot untuk memfokus foto. Itu kalau mau memoto wajah, kalau pemandangan? Caranya tekan dan tunggu hingga kotak kuning tampil di bagian target foto. Untuk iOS 9 semakin mudah. Ada mode fokus dan pengaturan exposure. Caranya, tekan layar dengan jari. Tunggu hingga muncul ikon matahari. Setelah itu swipe atas atau bawah untuk mengubah exposure foto. Mode ini membuat tampilan exposure foto lebih terang (atas) atau gelap (bawah). Namun, tetap berfokus pada objek.

4. Dekat, Fokus dan Spesifik

il_fullxfull.627076474_m8hh

Buatlah foto yang lebih dekat dengan objek dan bebas gangguan. Metode rules of thirds bisa kamu gunakan pula. Memang sih, sedikit butuh waktu, namun kalau tidak dicoba kamu gak akan pernah tahu hasilnya. Iya kan?

5. Cobain Burst Mode

burst_mode_iphone_5s_hero

Sesekali gunakan mode rentetan foto (burst). Cukup tekan dan tahan tombol shutter warna putih di layar, maka iPhone akan mengambil gambar berkali-kali. Pilih juga frame terbaik. Jangan lupa menghapus sisanya agar memori penyimpanan iPhone tidak penuh.

6. Stop Mode Tegak.

video_recording

Capek buk tegak terus. Bok ya sekali-kali pake mode lainnya. Sebaiknya kurangi memotret dalam mode tegak. Biasakan memotret dalam mode mendatar atau landscape. Kenapa harus mode mendatar? Karena kamu bisa mengolah foto mode mendatar menjadi banyak hal. Misalnya, posting artikel di blog, crop mode 16:9 dengan hasil yang pas atau mode kotak (1:1) yang tidak terlalu mepet. Untuk memotret pemandangan, mode mendatar membuatmu mendapatkan objek secara lebih luas dan lebar.

APPLE iPhone 5S 16GB - Gold / White
APPLE iPhone 5S 16GB – Gold / White

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.