Sudahkah kamu tahu bagaimana merawat laptop agar tetap awet dan berperforma bagus? Bagi kamu yang baru laptop atau lagi “bulan madu” dengan laptop baru, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal agar laptop tetap terasa TOP.

Laptop yang terasa masih “segar” sangat bisa dirasakan oleh penggunanya. Apabila laptopmu sudah terasa “layu” dan mulai “mengesalkan”, maka kamu butuh sedikit bantuan. Mungkin kamu sudah sering membaca hal seperti ini, namun yang ini beda.

Salah satunya dengan cara menyimak Panduan merawat Laptop Baru di tahun 2016 berikut ini:

Manfaatkan CCleaner

Kamu tentu pernah mendengar yang satu ini, namun masih sedikit yang mau menggunakannya. CCleaner merupakan aplikasi yang berfungsi membersihkan beberapa “file tak berguna” yang berada di laptopmu.

Ya, kamu tentu sering menginstal banyak aplikasi dan sekaligus meng-uninstalnya. Nah, ketika kamu melakukan itu, banyak file “sampah” yang tertinggal di storage laptop.

Apabila dibiarkan, bisa-bisa laptopmu akan penuh dengan file-file sampah. Selanjutnya, storage laptop akan penuh dan menghambat kinerja laptop. Beberapa jenis file yang biasa dibersihkan oleh CCleaner, diantaranya: help file, file installer, cache, font, dan lain sebagainya.

Upgrade ke Windows 10

Windows-10-4K-HD-WallpaperUpgrade ke versi windows yang baru memiliki keuntungan lebih banyak dibanding kamu tetap “setia” dengan OS lamamu. Misalnya, dalam hal aplikasi, bug, dan keunggulan produk yang ditawarkan.

Kamu tentu sudah tahu, kalau setia ada update baru, pihak developer OS memberikan perkembangan baru mengenai produk yang dikerjakan. Artinya, Windows 10 jelas memiliki keunggulan dalam hal sistem dibanding Windows versi sebelumnya.

Nah, alangkah lebih baik bila kamu segera update windows ke versi paling baru dengan cara ini. Mengupgrade sistem operasi bisa berdampak siginifikan pada kemampuan komputermu. Dari sisi hardware mungkin kemampuan laptopmu terbatas. Dengan mengupgrade operasi sistem terupdate, kamu bisa mengoptimalkan itu tadi.

Simpan Foto Secara Online

Apakah kamu masih menyimpan foto ke dalam laptop? Kalau kamu masih melakukan itu, artinya kamu itu termasuk pengguna teknologi yang “kuno”. Saat ini, sudah banyak tersedia Online Cloud storage yang bisa kamu manfaatkan.

Misalnya, seperti Flickr. Aplikasi berbasis web ini mengijinkan kamu menyimpan sebanyak-banyaknya foto tanpa dibatasi. Nah, kamu tak perlu lagi tuh menyimpan file foto di laptop. Tinggal upload, kalau butuh tinggal didownload.

Mudah dan simpel bukan?

Keamanan harus diutamakan

Jangan remehkan ini! Semakin berkembanganya jaman, maka segala hal yang terkait dengan teknologi pun ikut berkembang. Termasuk di dalamnya virus malware dan yang lainnya. Virus jenis ini tidak secara langsung merusak laptopmu. Namun, “mengobrak-abrik” file yang ada di laptopmu.

internet-computer-securityLebih baik mencegah daripada mengobatai bukan? Dari pada kamu menangis karena file penting hilang atau rusak, lebih baik kamu gunakan beberapa aplikasi keamanan. Misalnya, AVG atau Avast Kedua memberikan versi gratis.

Tak perlu banyak mengeluarkan uang, namun bisa dipastikan keamanan laptopmu tetap terjaga. So, mulai saat ini kamu bisa duduk tenang dan tak lagi khawatir.

Simpan secara Online

Apakah kamu masih mengandalkan besaran harddisk laptop? Jaman semakin maju, tapi kenapa kamu sulit sekali “move on”? Sekarang jamannya online. Menyimpan data pun dilakukan secara online.

one-drive-sky-drive-microsoft-renameSalah satu aplikasi berbasis website yang terpercaya untuk menyimpan file berharga, yaitu OneDrive. Situs ini memberikan jatah lumayan besar untuk menyimpan file.

Apabila kebutuhanmu semakin meningkat, maka kamu bisa berlanggan secara premium. Tak perlu lagi merisaukan virus dan lain-lain. OneDrive menjamin keamanan dan “keawetan” data penting sampai kapanpun.

Dunia terus berkembang dan teknologi lama sudah tidak begitu relevan lagi. Kemajuan jaman yang sepert demikian menuntut kamu agar bisa beradaptasi. Dulu, pengguna laptop selalu membutuhkan berbagai barang yang sifatnya fisik, seperti harddisk.

Seiring kemajuan yang ada, semua hal dibuat secara online dan pengguna harddisk lama-kelamaan mulai ditinggalkan. Mengingat, sudah ada teknologi baru yang lebih efisien, aman, dan fleksibel, yaitu online cloud storage. Ini merupakan salah satu contoh saja.

Waktu terus berjalan dan selalu muncul teknologi terbaru. Sudah saatnya kamu beradaptasi dnegan perubahan teknologi. Tidak perlu mengubah semua perangkat yang kamu miliki. Cukup upgrade saja bagian sistem operasi atau mulai menggunakan teknologi berbasis online.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.