Siapa diantara kamu yang ingin beralih dari OS Windows pada laptopmu ke OS Mac yang ada di Macbook? Atau mungkin saat ini diantara kamu ada yang baru saja menjadi pemula yang menggunakan Macbook? Bukan hal yang baru jika beberapa orang memutuskan untuk beralih menjadi pengguna Macbook, walaupun sebelumnya kebanyakan dari mereka adalah pengguna Windows.

Ketika kamu memutuskan untuk beralih menggunakan Macbook jenis apa saja, pastinya kamu harus belajar terlebih dulu untuk mengenal apa perbedaan yang akan kamu temukan saat beralih menjadi pengguna Macbook. Hal ini penting, supaya kamu tidak mengalami Gaptek saat harus menjalankan Macbook kesayanganmu.

HNCK4040

Macbook Apple pastinya diciptakan untuk memudahkan penggunanya saat harus mengoperasikanya untuk berbagai keperluan, tapi rupanya gak semua orang bisa langsung mengerti dengan cara menggunakan OS Mac dalam Macbook. Apalagi kalau awalnya kamu adalah pengguna setia OS windows di laptopmu, akan tumbuh sebuah kebiasaan yang sudah tertanam di pikiranmu, bahwa mengoperasikan sebuah laptop dengan OS Mac akan sama dengan OS windows, tapi jelas itu berbeda.

saya juga sering merasa bingung, saat saya harus berpindah OS dari Windows menjadi iOS. ketika pertama kali bertatapan dengan perangkat iOS, untuk tampilan menu bar saja sudah berbeda dengan windows. lebih membingungkan lagi jika terjadi eror atau salah pijit ke OS iOS, ketika ada notif tentang eror itu, saya sangat bingung, biasanya di Windows hanya cukup CTRL+ ALT+ Delete maka eror pada sistem akan bisa diatasi, namun ini tidak berlaku untuk iOS. sebaiknya pelajari OS iOS dengan benar dan teliti, supaya bisa menggunakanya dengan lancar jaya.

Sama hal nya seperti OS Windows, OS Mac pada Macbookmu juga punya cara sendiri untuk membantumu mengoperasikanya. Beberapa perintah yang bisanya terdapat pada OS Windowsmu tidak akan berjalan di OS Mac, begitu juga sebaliknya. Kamu harus benar-benar mengetahui apa saja hal yang biasa kamu jalankan di OS Windows, nantinya tidak boleh digunakan pada OS Mac. Kebiasaan itu adalah:

 

Petunjuk Menu Bar di setiap Jendela

Saat kamu membuka file office atau membuka browser di OS Windows, kamu akan selalu terbantu dengan menu bar diatasnya yang akan memberimu petunjuk untuk keluar, atau membuka jendela baru. Kamu jangan lakukan ini saat menjalankan Office di Macbookmu, karena pada OS Mac tampilan menu bar nya tidak selengkap itu. Hanya ada satu menu bar yang akan berubah – rubah sesuai dengan aplikasi yang aktif.

Keluar dari aplikasi dengan tombol Exit (X)

Kebiasaan ini adalah hal yang paling mudah pada OS Windows, saat kita ingin keluar dari sebuah aplikasi tinggal menekan tombol exit saja. Langkah ini juga bisa dilakukan pada Mac bookmu, tapi fungsinya berbeda. Saat mengklik tombol X pada OS Mac, kamu belum mengakhiri aplikasi itu. Untuk menutup aplikasinya kamu harus memilih tombol Quit.

Tombol Maximize

Biasanya di OS Windows, untuk melakukan multitask pada laptopmu, kamu hanya tinggal mengklik tombol (-) maximize pada jendela, berbeda dengan OS Mac, kamu tidak akan menemukan tombol maximize itu, tapi ada tombol hijau yang bersebelahan dengan tombol merah dan kuning di sudut setiap jendela. Fungsi tombol ini hanya merubah ukuran jendela saja, agar kamu bisa membuka aplikasi lainya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.