Sadar atau tidak, saat terlalu sering menggunakan gadget baik itu Laptop atau juga smartphone, bagian tubuhmu ikut bereaksi terhadap keseruanmu saat memainkan gadget tersebut. bagian tubuh ini adalah lehermu, punggungmu dan juga bahumu. saat menggunakan gadget, posisi lehermu akan bergerak naik dan turun mengikuti perintah dari gerakan matamu yang ingin melihat lebih dekat atau lebih jauh terhadap gadget yang sedang kamu mainkan.

selama kamu menggunakan gadget di sekitarmu, untuk keperluan pekerjaan ataupun sekedar membuka sosial mediamu lewat smartphone, kamu harus waspada bahwa terlalu sering dan lama menggunakan gadget apalagi dengan posisi mata terlalu dekat dengan layar gadget dan juga leher yang turun, serta punggung yang agak membungkuk akan mengakibatkan lehermu menjadi sakit. sakit leher ini jika dibiarkan akan cukup berbahaya juga untuk kamu.

Di tahun 2014, pusat Kontrol dan Prevention Amerika melakukan survey mengenai masalah leher ini, hasil surveynya adalah sebanyak 28.1 % orang dewasa di Amerika dilaporkan mengalami nyeri di bagian bawah punggung mereka, sementara itu 14.6 % dilaporkan sakit dibagian leher mereka. Jika kita menambahkan sampel orang yang gila gadget dan intenet juga pekerja keras, presentasinya akan lebih tinggi.

Start up dalam bidang proyek perangkat kesehatan baru bernama NAMU asal korea menjadikan masalah ini sebagai dasar untuk membuat sebuah alat bantu untuk membantu masalah kesehatan ini. bekerja sama dengan ALEX, sebuah aplikasi yang menjadi instruktur untul alat ini agar nyaman digunakan. alat canggih ini dapat mengecek postur lehermu saat terlalu turun mengikuti gerak matamu dan punggungmu saat melihat gadget, dan alat ini akan mengingatmu untuk kembali ke posisi semula. proyek pembuatan alat penyangga leher ini didanai oleh perusahaan pendana Kickstrater.

 

Cara Kerja Alat Penyangga Leher NAMU

kamu bisa lihat, Desain penyangga ini dibuat dengan fleksibel dan keseluruhanya berwarna hitam. jika dilihat fungsinya yang menyangga keher dan terkait ke telinga kita, ini mirip seperti handset yang sering kita gunakan saat mendengarkan musik. desainya sengaja dibuat menyesuaikan postur lehermu, terbuat dari bahan silkcon yang fleksibel.

Kalau kamu dalam posisi yang tidak aman, yaitu saat terlalu membungkuk melihat gadget kesayanganmu alat ini akan memperingati kamu untuk membuat lehermu kembali ke posisi semula, dengan adanya getaran pada alat penyangga ini. istilah ini mereka sebut dengan text neck . nantinya, alat penyangga ini akan terintegrasi dengan aplikasi ALEX lewat smartphone mu, dan akan bergetar secara lembut untuk menyadarkanmu . kamu hanya tinggal membetulkan postur lehermu. aplikasi dan alat ini bertujuan untuk mengingatkanmu untuk selalu mengecek posisi lehermu.

cara meggunakan alat ini sepertinya cukup mudah, kamu hanya tinggal  menset alat penyangga yang seperti perangkat ini lewat Smartphone kamu baik yang berbasis IOS atau android keduanya bisa mengakses aplikasi dari ALEX ini. kamu juga bisa mengatur lamanya intensitas getar pada perangkat ini. selain itu aplikasi monitor perangkat ini real time, dan  kamu bisa tracking posisi lehermu setiap saat yang ditunjukan berupa avatar model.

untuk mengecek kesehatan lehermu, kamu juga bisa melihat progressnya secara mingguan , harian dan jam dalam bentuk visual grapis dan juga diagram mengenai persentase waktu untuk membawamu kepada postur leher yang benar setiap kali menggunakan gadget.

menurut saya, sepertinya kehadiran alat ini akan sangat membantu para pengguna gadget untuk tidak hanya sekedar asik bermain gadget, tapi juga memperhatikan kesehatanya, terutama bagian leher, punggung dan bahu. semoga saja jika alat ini berhasil dirilis nanti, dan masuk pasar indonesia, harganya tidak terlalu mahal ya.

Start up di bidang perangkat teknologi NAMU asal Korea ini memulai desain alat penyangga leher yang bekerja sama dengan ALEX  ini, sekitar 2 tahun yang lalu. NAMU menggantungkan masa depan alat penyangga ini pada perusahaan pendana alat-alat teknologi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia yaitu Kickstarter.

sekarang ini  mereka sudah punya market dan menyiapkan prototype dan aplikasi serta alat ini secara lengkap. kabarnya  Perusahaan NAMU berharap untuk memulai produksi dan mengantarkan kampanye produknya pada bulan Mei 2016. Sejak ditulis kampanye ini ternyata cukup diterima masyarakat Korea dengan antusias.

Bagaimana, alat ini canggih dan bermanfaat ya? share artikel ini dengan semua penggila gadget ya!

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.