Perkenalkan, inilah Android 6.0 Marshmallow? Sebelum kemunculannya, sistem operasi besutan Google ini cukup menarik bagi pengguna smartphone Android. Sistem operasi yang digadang-gadang memiliki “sesuatu yang baru” telah diperbincangkan sejak lama.

Meski kehadirannya masih seumuran jagung, namun gaungnya sudah masuk di telinga pengguna smartphone di seluruh dunia. Di awal kemunculannya, Android Marshmallow sudah siap digunakan di Smartphone Nexus 5X and Nexus 6P.

Ada berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan Android 6.0 Marshmallow. Kamu yang sudah tidak sabar ingin merasakan kenikmatan yang ditawarkan Android 6.0 Marshmallow lebih baik segera meng-upgrade sistem android lamamu ke Android 6.0 Marshmallow.

Sebelum kamu mengupgrade smartphone-mu, perhatian beberapa hal berikut ini:

Device Compatible

Tidak semua jenis smartphone android bisa menikmati keunggulan Android Marshmallow. Ya, secara khusus pihak developer Android menciptakan sistem operasi android terbaru ini hanya bisa digunakan di smartphone tertentu.

lg_g4_problemas_baterc3adaBagi kamu yang saat ini memegang smartphone Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7 (2013), Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan Android One smartphone bisa tersenyum lega. Pasalnya, secara resmi pihak Google mengumumkan jikalau 6 jenis smartphone di atas support dengan Android 6.0 Marshmallow.

Selain beberapa jenis smartphone tadi, masih ada lagi deretan nama smartphone yang bisa upgrade ke Android 6.0 Marshmallow, yaitu HTC One M9, LG G4, serta LG G3.

Selanjutnya, bagi kamu pengguna setia Moto X Style, Moto X Force, dan Moto X 2014 tak perlu risau. Smartphone besutan pabrikan Motorola itu pun bisa melangkah jauh merasakan Android 6.0 Marshmallow.

Checking Update Status

Tenang, bagi kamu pemegang smartphone yang tidak tercantum di atas masih berkemungkinan menikmati Android 6.0 Marshmallow. Beberapa list di atas hanya sebagai patokan global saja. Artinya, smartphone dengan spesifikasi di atas itu bisa dipastikan bisa upgrade Android 6.0 Marshmallow.

Caranya cukuplah simpel, yaitu dengan melihat Update Status yang ada di profile smartphone. Cara ini lebih mudah dan “terjamin” dibanding kamu harus mencari-cari informasi “apakah jenis smartphone-mu support Android 6.0 Marshmallow?”.

uninstall-android-marshmallow-appsSegera saja kamu pergi Settings, scroll ke bawah, lalu klik “About Phone”. Di bagian atas, kamu bisa melihat “Software updates” atau “System updates”. Apabila smartphone-mu memang support Android 6.0 Marshmallow, maka akan muncul pemberitahuan di sana bahwa Android 6.0 Marshmallow siap diinstal di smartphone.

Apabila memang demikian, maka cukup di-klik dan tunggu beberapa saat, maka smartphone-mu sudah beralih ke sistem operasi terbaru. Namu, apabila ternyata tidak ada, maka itu berarti smartphone belum bisa upgrade ke Android 6.0 Marshmallow.

Backup Data

Resiko kehilangan data ketika updagrade sistem operasi sudah sering terdengar. Kamu pun, bahkan, mungkin telah beberapa kali mengalaminya. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum kamu memutuskan meng-upgrade smartphone ke Android 6.0 Marshmallow, maka ada baiknya memindahkan data-data penting ke drive lain.

Oleh pihak Google pun, cara ini selalu dianjurkan sebelum pengguna melakukan upgrade sitem operasi. Cara termudah melaukan backup data, yaitu dengan memanfaatkan online cloud storage. Instal cloud storage pilihanmu di Google Play Store, lalu integrasikan dan upload file penting di smarphone-mu. Menggunakan cara ini, kamu tak perlu khawatir lagi data penting hilang.

Download File Android 6.0 Marshmallow

Kamu bisa mendapatkan file installer Android 6.0 Marshmallow di laman resmi ini. File tersebut ber-ekstensi rar, oleh sebab itu sebelum dimasukkan ke dalam smartphone, silahkan ekstrak terlebih dahulu.

samsung-android-m-upgradeSelanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ADB Installer untuk memasukkan file tadi ke dalam smartphone-mu. Ingat, bagi kamu yang belum ahli melakukan hal ini bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, cara ini tidak dianjurkan bagi kamu pengguna android pemula.

Bagi yang sudah terbiasa melakukannya, maka cara ini terbilang mudah dan tanpa resiko. Setelah berhasil mendownload file Android 6.0 Marshmallow dan memasang ADB Installer di laptop, berikutnya lakukan Flash di smartphone.

Lakukan semua intruksi untuk melakukannya. Apabila berhasil, kamu bisa melihat tampilan awal Android 6.0 Marshmallow yang “nyaman” di mata. Semua ini bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Lakukan semuanya step by step sesuai intruksi. Apabila mengalami kesulitan, boleh kok berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.