Sudahkah tahu kalau WordPress sudah hadir dalam versi App? Meski masih tergolong baru, sudah banyak pengguna wordpress yang beralih dari wordpress versi browser ke wordpress versi App.

Apabila kamu tertarik menggunakan wordpress versi App, kamu bisa mendownloadnya di sini untuk Macbook. Sedangkan, apabila kamu pengguna setia Windows, kamu bisa mendownloadnya di sini.

Adanya WordPress versi Dekstop dan Smartphone ini tentu memudahkan dalam me-manage blogmu. Kamu tidak harus login dan logout ketika akan menyetting atau sekedar masuk ke dashboard blogmu. Hanya cukup klik aplikasi wordpress, maka kamu bisa memanage blog.

Lebih baik, instal aplikasi WordPress dekstop tersebut sekarang juga. Lalu, simak tata cara menggunakannya berikut ini:

menggunakan wordpress App

Instal Plugin Jetpack

Saat pertama menggunakan aplikasi WordPress, kamu diharuskan menginstal plugin Jepack. Plugin ini berfungsi menghubungkan wordpress self hosting dengan wordpress.com.

menggunakan WordPress AppSudah tahu bedanya wordpress self hosting dengan wordpress.com? WordPress self hosting itu hanya bisa digunakan bila kamu menyewa hosting dan wordpress sebagai sistem operasinya. Sedangkan untuk menggunakan wordpress.com, kamu tidak perlu menyewa hosting. Cukup membayar biaya sewa domain pada pihak wordpress.com, maka kamu sudah bisa ngeblog.

Sebenarnya, aplikasi wordpress ini diperuntukkan bagi pengguna wordpress.com, namun karena meningkatnya antusiasme pengguna wordpress self hosted dengan adanya aplikasi dekstop ini, maka muncullah plugin jetpack sebagai jembatan untuk menghubungkan wordpress self hosted dengan wordpress.com.

Tanpa menginstal plugin ini, bisa dipastikan kamu tidak akan bisa menggunakan aplikasi dekstop dari wordpress.

Membuat Postingan Baru

Beralih pada fungsi. Dengan menggunakan aplikasi wordpress ini, kamu akan dimudahkan dalam hal membuat postingan blog. Sama halnya ketika kamu masuk ke beranda blogmu, aplikasi wordpress menyediakan kemudahan dalam hal update postingan.

Di sini, kamu bisa membuat postingan, setting judul, tags, slug, dan berbagai hal yang biasa kamu lakukan di dashboard wordpress. Sayangnya, untuk setting SEO YOAST yang selalu kamu lakukan, tidak bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini.

Membuat Halaman Baru

Sama seperti ketika kamu membuat postingan baru. Membuat halaman baru pun bisa kamu lakukan dengan sangat mudah. Sama halnya ketika kamu membuat postingan baru, kamu memiliki akses untuk menampilakn feature image, setting kategori, atau bahkan mengubah slug blog.

Semuanya bisa anda lakukan dengan sangat mudah dan praktis. Sayangnya, apabila kamu ingin menyetting SEO blog, kamu tidak bisa melakukannya dengan aplikasi ini. Ini merupakan salah satu keterbatasan aplikasi wordpress dekstop.

Setting Template

Mudahnya mengubah tampilan template hanya dengan beberapa cara saja. Tersedianya fasilitas ini membuat kamu bisa lebih cepat mengatur ulang tampilan blog sesuai dengan selera.

Tampilan setting template ini sama persis ketika kamu menggunakan wordpress dashboard. Di dalamnya kamu bisa mengubah font, Color, header, dan berbagai pengaturan yang tersedia pada template yang kamu gunakan.

Atur Plugin

Ini yang disukai dari aplikasi wordpress. Aplikasi ini memperbolehkan kamu menyetting plugin-plugin blog dengan sangat mudah. Yang paling disukai ketika menggunakan aplikasi wordpress, kamu bisa mengatur autmenggunakan WordPress Appo update pada plugin. Jadi, kamu tidak perlu lagi tuh menemui pemberitahuan mengenai update plugin yang terkadang mengganggu pemandangan.

Selain itu, kamu pun bisa menambahkan atau men-delete plugin yang mungkin sudah tidak kamu butuhkan lagi. Tampilan untuk melakukan hal ini memang lebih bersahabat dibanding kamu menggunakan wordpress dashboard. Dengan menggunakan aplikasi wordpress, kamu disediakan tampilan yang lebih segar dan tentu “bersahabat” dengan matamu.

Setting Pengaturan Blog

Tidak berhenti sampai di situ lho. Aplikasi wordpress memberikan kemudahan bagimu untuk melakukan beberapa pengaturan, misalnya Pengaturan General, Writing, Discussion, dan Security. Ya, hanya itu saja. Lebih sedikit dibanding kamu menggunakan wordpress dashbard kan?

Yang menarik dari tampilan setting yang ada di aplikasi wordpress ini, kamu bisa menyetting Jetpack Protect by IP Address. Maksdunya, kamu bisa mengatur komputer dengan IP Adress apa yang bisa mengakses blogmu ini. Dengan cara ini, keamanan blogmu semakin terjamin.

Bagaimana? Tertarik menggunakan aplikasi wordpress? Ya, memang banyak pengaturan dan layanan yang tidak sama seperti di wordpress dashboard, paling tidak ketika kamu menggunakan aplikasi wordpress kegiatan memanage blog menjadi lebih singkat dan cepat.

Ingat, aplikasi ini masih tergolong baru, so bukan tidak mungkin kamu bakalan menemui beberapa bug. Semoga beberapa fitur yang ada di wordpress dashboard bisa secara lengkap masuk di aplikasi wordpress ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.