Teknologi layar smartphone terbaru. Sekarang ini, semakin banyak saja smartphone yang ditawarkan untuk kita para gadget mania  entah itu dari vendor terkenal seperti Samsung, Sony maupun dari vendor pesaingnya yang bisa dibilang masih baru dalam meluncurkan produk smartphonenya, tapi sudah memiliki banyak penggemar, termasuk di Indonesia.

Sebagai orang yang hidup di era modern, yang segalanya serba online, punya smartphone yang ketinggalan zaman, pastinya kurang asik dan kurang mendukung penampilan kita sehari-hari. Mengupgrade smartphone ke seri yang lebih baru lagi, rasanya wajib untuk kita karena bakal mempermudah kita dalam setiap penggunaanya.

Apa  perbedaan yang sering kamu lihat saat membeli smartphone seri terbaru jika dibandingkan dengan smartphone lama kamu? pernahkah kamu membandingkan? Kalau saya, saat saya membeli smartphone yang paling baru, dan paling popular saat ini, hal pertama yang sering saya perhatikan adalah tampilan layar dari smartphone terbaru itu. Bagaimana dengan kamu?

picjumbo.com_HNCK86321

Saya sering perhatikan tampilan layar yang tentunya berbeda dengan smartphone lama saya. Rasanya, layar smartphone terbaru saya ini, tampak lebih cerah, kontras dan detail tampilan layarnya, dibandingkan layar pada smartphone lama saya. Semakin cerah dan detail warnanya, pastinya semakin bikin mata saya nyaman menatap lama-lama layar smartphone terbaru saya ini.

Ternyata yang membuat tampilan layar di smartphone terbaru yang beredar sekarang ini, yang tampak berbeda dan lebih bagus adalah pengaruh teknologi panel layar yang disisipkan di layar smartphone itu. Mungkin kita yang Cuma beli dan upgrade smartphone saja, tidak terlalu memperhatikan keunggulan yang ada di smartphone itu, tapi sebagai Gadget mania kita wajib tahu, teknologi layar seperti apa sih, yang membuat smartphone baru kita tampak lebih jernih,kontras dan real ketika dipandang.

Ada 3 teknologi panel layar yang sekarang ini banyak digunakan di smartphone keluaran terbaru, termasuk smartphone kelas menengah dan menengah keatas yang akan banyak dilaunching tahun 2016 ini. Teknologi apa saja yang digunakan pada layar smartphone baru ini, kita akan bahas dibawah ini:

Teknologi Layar Amoled dan Super Amoled ( Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Kalau kita melihat spesifikasi sebuah smartphone yang ingin kita miliki,sebelum membelinya, kita bisa lihat  pada bagian Display, kita akan mengetahui jenis layar apa yang digunakan pada smartphone itu. Kalau kamu suka dengan smartphone dari Samsung, pada seri terbarunya, smartphone dari Vendor asal korea ini bakalan banyak menggunakan teknologi layar Amoled atau Super Amoled , terutama di seri menengah keatasnya. Kamu akan melihat layar Amoled atau super Amoled ini memiliki ketajaman dan tingkat kecerahan yang lebih tinggi. Pada jenis Super Amoled, tentunya tingkat kontras dan ketajaman lebih baik lagi.  Selain itu smartphone Samsung yang menggunakan teknologi layar ini, akan lebih menghemat daya baterai smartphonenya. Saat di area yang terik sekalipun, kamu masih bisa melihat layar smartphone Samsungmu dengan jelas. Beberapa seri Samsung yang memakai teknologi layar ini adalah seri Samsung Galaxy J7, Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy A8 dan beberapa seri Samsung terbaru lainya.

Teknologi Layar IPS LCD (In Plane Switching)

Jenis teknologi layar yang wajib kamu tahu berikutnya adalah IPS LCD  . di beberapa smartphone kelas menengah juga, teknologi layar IPS LCD banyak digunakan pada layarnya. Bedanya  Amoled atau Super Amoled dibanding layar IPS LCD ini, lebih menonjol di bagian grafisnya. Saat kamu bermain games atau membuka aplikasi apa aja lewat smartphone kamu, tampilan grafisnya akan sangat bagus dan detail. Kamu juga bisa lihat layar ini dari berbagai sudut, dan kamu akan lihat keadaan layarnya tetap bagus.  Layar IPS LCD ini sayangnya cukup menguras daya baterai smartphone dan kontras layarnya kurang sempurna. Smartphone yang popular saat ini  dan memakai teknologi IPS LCD ini adalah seri Asus Zenfone Selfie, Oppo Neo 7, Iphone 5S dan Iphone 6S.

Teknologi Layar TFT (Thin Film Transistor)

Satu lagi teknologi layar yang wajib kamu tahu, dan cek di Smartphone kamu, yaitu teknologi layar TFT. Kalau teknologi AMoled dan super Amoled unggul di bagian kontras dan tajamnya, IPS LCD unggul  di Grafisnya, nah, TFT layar ini unggul  di Warnanya. Layar smartphone yang memakai teknologi TFT ini, akan menampilkan warna layar yang tajam dan maksimal. Kekuranganya sama seperti IPS LCD, teknologi layar ini termasuk yang boros di daya baterainya dan cenderung lebih mahal dibanding IPS LCD dan Amoled. Beberapa seri smartphone popular yang layarnya memakai teknologi layar  TFT ini adalah Samsung J1, Sony Xperia Z1, Z1 Compact dan Samsung Galaxy V.

sebagai pengguna smartphone seri baru yang memiliki keunggulan lebih baik dibanding smartphone seri beberapa tahun yang lalu, dalam teknologi layarnya, saya lebih suka dengan layar TFT dibanding layar Amoled atau IPS LCD. layar TFT memiliki tampilan warna yang detail dan tajam, membuat nyaman mata saya ketika harus menggunakan beberapa aplikasi pada smartphonenya, atau juga sekedar bermain games.

Sebetulnya ada beberapa jenis teknologi layar lain yang dipakai di beberapa jenis Smartphone selain 3 teknologi diatas, tapi sekarang ini, 3 teknologi layar diataslah yang banyak ditemukan di seri terbaru smartphone dari berbagai merek di Indonesia. Teknologi manapun yang nantinya bakal ada di smartphone baru kamu, kamu tidak perlu khawatir smartphone kamu akan kurang maksimal, karena ke-3 teknologi layar tersebut aman untuk mata kita.

hingga saat ini, memang belum ada teknologi baru untuk layar smartphone canggih di masa depan nanti yang lebih unggul lagi dibanding layar Amoled atau Super Amoled, tapi melihat perkembangan teknologi yang semakin cepat bukan tidak mungkin, nanti akan ada teknologi layar LCD pada smartphone atau tablet kamu yang lebih bisa tampil real dan natural seperti aslinya.

 

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.