Teknologi Listrik Baru Hemat Lingkungan, Tesla Power Pack

0
569

Kabar terbaru datang dari dunia Teknologi pemanfaatan energi ramah lingkungan, yang memperkenalkan Tesla Power Pack, sebagai Utilitas untuk menyimpan cadangan energy  matahari dengan lebih baik, dibandingkan dengan mesin yang menggunakan bahan bakar Diesel yang memberikan efek kurang ramah lingkungan. penemuan terbaru hasil kerja sama antara Tesla dengan Solar System, Amerika ini diharapkan bisa menciptakan energy listrik yang lebih sehat untuk masyarakat.

Mungkin kamu pernah mendengar tentang keberadaan sebuah Pulau yang bernama pulau Ta’u,  Samoa Amerika. Pulau ini menjadi bagian dari perkenalan Tesla Power Pack, dalam Video promosinya di Chanel Youtube.  Di Video ini Tesla Power Pack terbukti dapat memanfaatkan energi listrik yang sehat, bahkan lebih lama waktu penggunaanya dari mesin Diesel, sekalipun tidak ada cahaya Matahari di area tersebut.

Untuk pengenalan secara keseluruhanya, kamu bisa melihat Video berikut ini:

Pulau Ta’u telah dipasangi sekitar 5.328 Panel Surya  untuk menangkap energy matahari, yang kemudian disimpan cadangan energinya pada Tesla Powerpack  yang memiliki kekuatan menyimpan hingga 6 Megawatt untuk cadangan energy listrik.

Selain itu, Panel ini juga Memiliki Mikro Grid energy Matahari sebesar 1.4 Megawatt yang mampu menutupi hampir 100 persen kebutuhan listrik di area Pulau Ta’u tersebut. Pulau Ta’u bisanya memiliki Cuaca yang selalu cerah, namun terkadang bisa berawan. Cangggihnya, tanpa sinar Matahari sekalipun, Tesla Power Pack masih berfungsi.

Awalnya, pulau Ta’u memperoleh energy listrik yang dijalankan pada generator diesel. Generator ini akan membakar 300 galon bahan bakar per hari. Namun, generator ini tidak ramah lingkungan dan cukup mahal.

Penduduk pulau Ta’u yang kurang lebih berjumlah 600 warga ini, sebelumnya harus mengalami jatah pemadaman listrik secara bergantian. Namun setelah ada Tesla Powerpack, mereka bisa memenuhi kebutuhan energy listriknya tanpa harus mengalami pemadaman bergilir lagi.

 

Mengenal Tesla Power Pack

Tesla Power Pack ini adalah sebuah alat khusus, hasil kolaborasi perusahaan Amerika yang bergerak di bidang mesin motor, yaitu Tesla dan juga Solar System. Mereka berhasil menciptakan Tesla Power Pack, dengan tujuan agar kedepanya, pulau-pulau kecil seperti Ta’u, Samoa ini bisa terus mendapatkan energy listrik. Tidak hanya pulau ini, tapi juga seluruh pulau di pelosok duniia, bisa memanfaatkan kecanggihan Teknologi ini.

Spesifikasi Tesla Power Pack

AC/ Voltage

380 – 480V, 3 fase

Komunikasi

Modbus TCP/IP, DNP3

Listrik

50 Kw (AC) per Powerpack

Scalable Inverter Daya

Dari 50 kVA ke 625 kVA (480V)

Kedalaman Discharge

100%

Sertifikasi

Terakreditasi sertifikat untuk keamanan Internasional, EMC, Utilitas dan Undang- Undang lingkungan

Ukuran

Panjang                  : 1.308 mm (51.5”)

Lebar                     : 822 mm (32.4”)

Tinggi                    : 2.185 mm (86”)

Berat                     : 1622 kg (3575 lbs)

Energi Kapasitas

210 kWh (AC) per powerpack

Suhu Operasi

-22 derajat F 122 derajat F/ 30 derajat C hingga 50 derajat C

Lampiran

Pods IP67, Powerpack IP35/NEMA 3R, Inverter IP66/NEMA 3R

Sistem Efisiensi (AC)

88% Roundtrip (system 2 Jam), 89 % roundtrip (4 Sistem jam)

 

Inside Tesla Power Pack

Kecanggihan mesin Pack ini dapat dijabarkan dalam 3 kata, yaitu Canggih, terukur dan juga aman. Mesin Pack Tesla dirancang untuk efisiensi dan tahan lama, dalam pemakaianya. Pack ini juga lebih Flexible dengan tata letak yang rapi, serta aman, karena sepenuhnya terintegrasi dan cukup mudah untuk dihubungkan.

Jika Tesla Pack ini dibongkar, kamu bisa menemukan beberapa bagian penting, dimana setiap satu Tesla powerpack ini berisi 16 buah baterai, yang masing-masing terisolasi dengan DC –DC converter. Hal ini disiapkan untuk mengoptimalkan kinerja seluruh bagian Tesla Powerpack tersebut.

Secara Desainya, Tesla Powerpack ini memang diciptakan untuk ruang , daya dan energy dalam situasi apapun. Secara nilai bisnis mungkin ini memang mesin yang kecil, namun akan memberikan manfaat yang besar terutama untuk menciptakan energy listrik terbaik.

Tesla Power Pack ini juga sudah terintegrasi , bagian AC nya sudah terhubung ke system penyimpanan energy dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk dapat terhubung ke jaringan bangunan atau utilitas lainya. Mampu menyederhanakan Instalasi, integrasi dan mendukung untuk penggunaan di masa depan.

Bisa dibilang Tesla Power Pack ini ibarat sebuah rumah untuk Baterai yang paling canggih, dan berukuran cukup besar , dengan kapasitas penyimpanan energy DC berisi 16 buah baterai kecil , dengan system control yang termal dan ratusan sensor yang memantau dan melaporkan kinerja nya hingga ke tingkat paling kecil. sepertinya Tesla Power Pack akan menjadi suatu alat canggih Teknologi Listrik baru yang ramah Lingkungan dan bermanfaat di masa depan.

 

 

Comments

Comments are closed.