Pasti tahu smartphone ini kan?

Karena melihat video tersebut, kamu jadi pengen beli tuh smartphone. Kalau kamu kayak gitu, berarti kamu sudah terkena marketing strategi dari smartphone itu. Ya, fiturnya keren, speknya sangat tinggi, buat main game atau sekedar bermedia sosial, smartphone itu sangat mumpuni. Kalau begitu benar kan kalau kamu membelinya? Eiitsss, itu tidak selalu benar lho. Ada hal-hal yang sering dilupakan orang saat membelanjakan uangnya untuk membeli smartphone. Apa itu?

Nilai guna

Tips membeli smartphone

Hampir sebagian pengguana smartphone tidak pernah memikirkan hal ini. Ya, palingan ada sih yang memikirkannya atau terbersit di dalam hati, namun itu masih kalah jumlah dengan “gengsi”. Itu memang tidak salah. Orang membeli barang elektronik dikarenakan style saja. Sedikit sekali yang mempertimbangkan nilai gunanya. Padahal, bila kamu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli smartphone, maka kamu tidak akan pernah berpikir “rugi” dan menyesal membeli smartphone itu. Karena kegunaan sebuah barang sangat bisa menghapus keinginanmu membeli barang baru. Dan, belum tentu itu berguna buat kamu.

Garansi

Tips membeli smartphone

Garansi merupakan keamanan buat kamu. Sebagai pengguna garansi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang menguntungkan buat kamu. Sayangnya, masih sedikit pengguna yang sadar akan hal ini. Yang ada, malah tidak peduli dengan adanya garansi atau tidak. Kamu harus jadi pengguna yang smart. Tanyakan secara mendetail mengenai ini. Jangan sungkan-sungkan bertanya kepada pihak seller mengenai garansi yang kamu dapatkan. Entah itu tenggat waktu, cara klaim, apa saja yang dicover oleh garansi, dan garansi berlaku dalam kondisi seperti apa. Tanyakan sebelum membeli. Bila tidak kamu tanyakan, maka jangan menyesal dikemudian hari.

Kelengkapan (Buku manual)

Tips membeli smartphone

Selain garansi, kelengkapan yang ada dalam paket pembelian merupakan salah satu hal yang penting lainnya. Manual Book atau buku panduan merupakan salah kelengkapan yang penting. Dan, kamu memerlukannya. Manual book merupakan buku panduan yang berisi bagaimana cara mengoperasikan dan penjelasan mengenai smartphone yang kamu beli. Masih sedikit pengguna smartphone yang memperhatikan hal ini. Dan, jangan samapi kamu menjadi salah satu dari mereka.

Service center

Tips membeli smartphone

Apabila mengalami gangguan, maka pihak pertama yang kamu hubungi adalah service center. Service center merupakan pihak yang selalu diharapkan bisa membantumu, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Harapannya sih begitu. Namun, tidak jarang karena tidak adanya service center smartphone kamu jadi tidak jelas arahnya. Dengan adanya service center, maka kamu bisa sedikit lega. Karena kamu tidak perlu khawatir seandainya ada kerusakan yang terjadi pada smartphone-mu.

Stok suku cadang

Tips membeli smartphone

Selain service center, stok suku cadang merupakan hal lain yang sebaiknya menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone. Apakah stok suku cadang smartphone yang kamu beli ada di sekitarmu. Atau, paling tidak bisa kamu jangkau. Bila stok suku cadang ternyata sangat sulit kamu dapatkan, maka bisa jadi itu merupakan peringatan dini buat kamu. Kalau tiba-tiba dikemudian hari ada kerusakan dan harus mengganti suku cadang, maka kamu akan kelabakan sendiri.

Komunitas

Tips membeli smartphone

Apakah smartphone yang kamu beli sudah memiliki komunitas? Belum? Atau sudah banyak? Sebaiknya kamu memilih smartphone yang sudah memiliki basis komunitas yang cukup besar. Keuntungan membeli smartphone yang seperti ini, yaitu kamu bisa bertanya, berbagi, atau bahkan meminta rekomendasi bila kamu mengalami kesulitan saat mengoperasikan smatphone. Ini penting sekali. Biasanya, orang-orang yang di dalam komunitas lebih “ramah” dan “bersahabat” dibanding dengan customer service smartphone itu sendiri.

Harga jual

Tips membeli smartphone

Sebenarnya sudah tidak tepat bila kamu membeli barang dengan berpatok pada harga jualnya kelak. Alasannya, karena banjir teknologi yang terus saja terjadi membuat barang elektronik bekas seakan-akan memiliki jarak yang amat jauh dengan barang baru. Meskipun begitu, masih ada harapan kok. Smartphone branded dan trusted di mata pengguna merupakan pilihan yang pas. Harga turunnya masih jauh lebih baik dibanding brand-brand baru yang beredar di pasaran.

Nah, sudah tahukan apa saja yang seharusnya kamu pertimbangkan saat membeli smartphone??

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.