Komputer atau laptop adalah salah satu perangkat yang memiliki manfaat penting untuk membantu meringankan tugas pekerjaan manusia. Seiring berkembangnya zaman, hadir berbagai jenis komputer dengan program windows yang baru. Dari mulai Windows 98 hingga Windows 10, semuanya hadir untuk hidup yang lebih dinamis dan lebih mudah.

Adanya komputer rupanya tidak luput dari masalah virus berbahaya yang sewaktu-waktu bisa menyerang komputer kita. virus ini bisa datang dari perangkat lain yang terhubung dengan komputer kita, atau dari internet langsung juga bisa. Bahkan, email elektronik yang sering diterima dan memiliki nama pengirim yang mencurigakan, bisa jadi itu adalah email yang berisi virus berbahaya yang bisa menginfeksi aplikasi dan seluruh system pada komputer kita.

Apa saja Virus-virus yang berbahaya, yang harus dihindari, agar perangkat kita tetap aman, berikut urainya:

Nimda

Nimda adalah sebuah virus yang muncul pertama kali pada September 2001. Nama virus ini unik, jika dibalik namanya menjadi Admin. Walaupun unik, tapi virus ini menyebar lewat media internet seperti email, web, file sharing atau memanfaatkan server Web Microsoft internet Information Services (IIS). Virus berbahaya ini akan menginfeksi dan melumpuhkan komputer tidak hanya di Indonesia, bahkan di Dunia.

nimda-worm-2-728

Storm Worm


Perangkat lunak yang pertama kali muncul pada 2006 ini merupakan virus komputer jenis Trojan yang efeknya sangat merusak. Virus ini menyebar lewat surat elektronik atau email  dalam bentuk sebuah Link. Email tersebut akan masuk ke Spam dengan pesan “230 dead as strom batters Eropa”. Jika anda menerima email spam semacam ini, sebaiknya anda jangan klik Link tersebut.

Comments

Comments are closed.